Pada tanggal 10-13 September 2024, Ikatan Mahasiswa Sosiologi (IMS) FISIP Universitas Riau menyelenggarakan acara "Sosiologi Expo Season 5" dengan tema "Merajut Kebhinekaan, Merangkul Masa Depan, Mewujudkan Generasi Cendekia". Acara tersebut dihadiri oleh pimpinan fakultas, kelembagaan mahasiswa se-FISIP, dan para alumni Sosiologi. Peserta Sosiologi Expo Season 5 berasal dari berbagai daerah, termasuk mahasiswa dan siswa SMA se-Riau.

Sosiologi Expo Season 5 terdiri dari sepuluh macam kompetisi yang terbagi menjadi beberapa kategori. Kompetisi tersebut antara lain Olimpiade Sosiologi, Cerdas Cermat, Debat (SMA dan Mahasiswa), Karya Tulis Ilmiah, Esai, Video Kreatif, Fotografi, Poster, dan Solo Song. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari dan berhasil menarik perhatian para peserta karena diselenggarakan dengan cara yang menarik dan interaktif. Selain itu, terdapat kompetisi mahasiswa secara nasional, yaitu khusus untuk Esai dan Karya Tulis Ilmiah.

Pada hari pertama, acara dibuka oleh Dr. Saiman Pakpahan, S.IP., M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama. Dalam sambutannya, Dr. Saiman memberikan dukungan dan semangat kepada para peserta. Ketua pelaksana, Nofrida Hanum, memberikan sambutan dan menekankan bahwa kegiatan Sosiologi Expo Season 5 diadakan sebagai wadah bagi para peserta untuk menunjukkan kreativitas serta kemampuan mereka dalam bidang sosiologi.

IMS FISIP Universitas Riau menciptakan suasana yang mendukung selama kegiatan tersebut sehingga para peserta dapat memberikan penampilan terbaik mereka. Selama acara, para peserta berkesempatan untuk belajar dan berdiskusi dengan para pakar serta akademisi sosiologi. Selain itu, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk membuka stand mereka di lokasi kegiatan sebagai upaya untuk memberikan pengalaman berharga bagi para peserta serta meningkatkan perekonomian lokal.P artisipasi UMKM dalam acara ini memberikan banyak keuntungan, terutama dalam meningkatkan daya jual produk mereka. 

Dukungan Rina Susanti, S.Sos, M.Si selaku dosen pembina IMS FISIP Universitas Riau turut memacu semangat panitia pelaksana. Dalam kata sambutan penutup pada hari terakhir, beliau mengatakan bahwa siapapun yang menang, jangan puas akan kemenangannya dan harus terus memperdalam potensi dan pengetahuannya. Bagi mereka yang belum memenangkan kompetisi, jangan berkecil hati, teruslah belajar dan menjadi lebih baik lagi. Kegiatan semacam ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memajukan bidang sosiologi serta menjadi wadah untuk meningkatkan kreativitas dan semangat belajar bagi para mahasiswa dan siswa SMA.

 

-Eng-RR-