Pada 13 September 2024, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau menggelar acara pelepasan untuk para mahasiswa magang program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), dan mahasiswa magang mandiri. Dalam kesempatan tersebut, hadir Dekan, WD I Bidang Akademik, Ketua Program MBKM FISIP, subkoordinator Akademik, serta seluruh peserta magang yang berjumlah 52 orang.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP Universitas Riau, Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si, menyampaikan bahwa program magang MBKM adalah hak bagi mahasiswa Universitas Riau berdasarkan regulasi yang telah dibuat oleh universitas dan fakultas sebagai fasilitator program tersebut. Selain itu, diikuti oleh mahasiswa terpilih melalui prosedur dan seleksi yang ketat. Dr. Meyzi berharap agar seluruh peserta magang dapat membawa pengalaman positif dan memanfaatkan kesempatan mereka untuk mengasah keterampilan di tempat magang. Beliau juga menyampaikan kebanggaannya atas keberhasilan seluruh peserta magang dalam mengikuti program MBKM.

Dalam acara tersebut, WD I Bidang Akademik, Dr. Auradian Marta, S.IP., M.A. menjelaskan bahwa program magang MBKM memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka dalam dunia industri dan mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi fakultas.

Ketua Tim MBKM FISIP, Dr. Nurjannah, M.Si., mengungkapkan bahwa FISIP merupakan fakultas dengan jumlah peserta terbanyak dalam program MSIB se-Universitas Riau dan terdapat 2 mahasiswa FISIP yang berhasil lolos program IISMA tahun ini. Dr. Nurjannah juga menambahkan bahwa jika ada mahasiswa magang yang berhasil membuat artikel yang sesuai dengan topik di tempat magangnya dan berhasil terindeks di jurnal atau jurnal reputasi, maka artikel tersebut dapat dijadikan setara dengan penulisan skripsi.

Dalam acara pelepasan tersebut, selain memberikan sambutan, Dekan FISIP Universitas Riau juga memasangkan jas almamater Universitas Riau sebagai simbolis pelepasan kepada mahasiswa yang mengikuti magang MBKM.

Program magang MBKM FISIP Universitas Riau diharapkan dapat terus sukses dan memberikan manfaat bagi perkembangan karir mahasiswa serta mempererat hubungan antara universitas dengan dunia industri. Selamat bagi seluruh peserta magang atas keberhasilan mereka mengikuti program magang dan semoga pengalaman tersebut dapat membawa dampak positif bagi masa depan mereka.

-Eng-RR