Pada tanggal 9 Oktober 2024, IKA (Ikatan Keluarga Alumni) Sosiologi menyelenggarakan acara penyerahan beasiswa kepada mahasiswa jurusan Sosiologi FISIP Universitas Riau di Ruang Rapat Dekanat FISIP. Acara ini dihadiri oleh Dekan FISIP Universitas Riau, Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si; Ketua Jurusan Sosiologi, Dr. Achmad Hidir, S.Sos., M.Si; Ketua dan pengurus IKA Sosiologi beserta pengurus Ikatan Mahasiswa Sosiologi (IMS) dan pimpinan dari Sekawan Foundation.

Dalam kata sambutannya, Ketua IKA Sosiologi, Robi Armilus, S.Sos., M.Si mengungkapkan bahwa penyerahan beasiswa ini adalah tahun pertama dari alumni-alumni sosiologi dengan 25 peserta yang mendaftar. Kemudian, peserta diseleksi lagi menjadi 11 peserta bekerjasama dengan IMS. Robi berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan.

Ketua Jurusan Sosiologi, Dr. Achmad Hidir, S.Sos., M.Si menyampaikan terima kasih kepada kepengurusan IKA Sosiologi yang ikut andil dalam pengembangan mahasiswa khususnya mahasiswa sosiologi dengan mengupayakan beasiswa ini. Beasiswa ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa Sosiologi untuk lebih giat dalam belajar dan berkarya.

Dekan FISIP Universitas Riau, Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si mengapresiasi dan berterima kasih atas kontribusi IKA Sosiologi terhadap mahasiswa Sosiologi, dan mahasiswa FISIP Universitas Riau pada umumnya. Pemberian beasiswa oleh IKA Sosiologi diharapkan menjadi pemantik bagi IKA dari jurusan/prodi lainnya yang ada di FISIP Universitas Riau. Hal ini sejalan dengan jargon FISIP yaitu "SOCIETY," yang salah satunya mencerminkan  pendidikan inklusif bagi semua orang.

Selain penyerahan beasiswa kepada mahasiswa jurusan Sosiologi, FISIP Universitas Riau menandatangani perjanjian kerjasama dengan Yayasan Sekawan Foundation yang dipimpin oleh Hidayatun Nisa, S.Sos., M.Si terkait Green Society. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, FISIP Universitas Riau dapat lebih aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial terkait isu lingkungan hidup.

Pemberian beasiswa dan penandatanganan perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif. Tak hanya turut serta membantu mahasiswa dalam pembiayaan studi, namun peran FISIP Universitas Riau melalui kerjasama dengan Yayasan Sekawan Foundation dapat membawa perubahan bagi pelestarian lingkungan. -Enggy-RIRY