Pekanbaru, 29 September 2024 — Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (UNRI) sukses menyelenggarakan acara Sosialisasi FISIP Academic Championship 2024 di Auditorium Sutan Balia FISIP UNRI. Kegiatan ini fokus pada tiga kompetisi bergengsi tingkat nasional, yaitu Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI), National University Debating Championship (NUDC), dan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES).

Acara Sosialisasi FISIP Academic Championship ini dibuka oleh Farras Anggoro & Rima Dwi Putri selaku Master of Ceremony dalam acara tersebut. Acara yang dihadiri oleh mahasiswa FISIP UNRI dari berbagai program studi dan angkatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja sama FISIP UNRI, Dr. Saiman, S.I.P., M.Si. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya acara ini sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan pikiran-pikiran agresif mereka dalam bentuk kegiatan produktif.


"Dengan adanya Sosialisasi FISIP Academic Championship ini, FISIP menjamin agar kemudian mahasiswa FISIP mempunyai tempat dan ruang untuk mengekspresikan serta mengartikulasikan pikiran-pikiran agresifnya dalam bentuk kegiatan yang produktif sehingga dapat memajukan nama FISIP UNRI ke ajang kompetisi bergengsi seperti KDMI, NUDC, dan PILMAPRES seperti ini," ujar Dr. Saiman. S.I.P., M.Si.

Acara ini menghadirkan tiga narasumber inspiratif yang telah menorehkan prestasi di tingkat universitas dan nasional:
• Melsandy Saputri, Pembicara Terbaik 5 KDMI Tingkat Universitas Riau Tahun 2024
• ⁠Ahmad Zainur, Champion of NUDC Tingkat Universitas Riau Tahun 2024
• ⁠Ghefira Auliya Rabbani Anedin, Mahasiswa Berprestasi 1 LLDIKTI Wilayah XVII Tahun 2024

Para narasumber membagikan pengalaman, tips, dan trik dalam mempersiapkan diri mengikuti ajang kompetisi tersebut. Peserta menunjukkan antusiasme tinggi dengan aktif bertanya dan berdiskusi selama sesi paparan materi.

Jetro Simanjuntak, PJS Gubernur Mahasiswa FISIP UNRI Tahun 2024, dalam sambutannya juga menyampaikan harapan agar acara ini dapat memotivasi mahasiswa FISIP untuk berpartisipasi dalam kompetisi-kompetisi bergengsi tersebut.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan plakat kepada para narasumber sebagai bentuk apresiasi atas kesediaan mereka berbagi ilmu dan pengalaman.

Peserta memberikan umpan balik positif terhadap pelaksanaan acara ini. Mereka merasa diberikan ruang dan wadah untuk berkembang, terutama dalam mempersiapkan diri mengikuti ajang kompetisi bergengsi seperti KDMI, NUDC, dan PILMAPRES.

Sebagai tindak lanjut, peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi KDMI, NUDC, dan PILMAPRES mulai dari tingkat Jurusan, Fakultas, Universitas, hingga Nasional.

FISIP UNRI berharap, melalui kegiatan ini, mahasiswa FISIP dapat terpacu dan tergerak untuk mewakili FISIP UNRI dalam ajang kompetisi bergengsi ini, sehingga dapat mengharumkan nama FISIP UNRI di kancah universitas maupun nasional.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Instagram: @gkmfisipur
Instagram: @bemfisipur

Penulis: Farras Anggoro

*Tentang GKM*
Gerakan Kreativitas Mahasiswa (GKM) merupakan sebuah komunitas yang berada di bawah naungan Dinas Penelitian dan Pengembangan BEM FISIP UNRI yang berperan sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa/i se-lingkungan FISIP UNRI dalam bidang akademik dan meningkatkan semangat mahasiswa untuk terus meraih prestasi.