Pada tanggal 2 Oktober 2024, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau kedatangan tamu dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Dumai dan Pertubuhan Usahawan Nusantara Johor (PUNJ) Malaysia. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat peluang kerjasama dan implementasi kesepakatan antara FISIP, KADIN, dan PUNJ. Salah satu rencana implementasinya adalah penguatan softskill dan pengembangan sumber daya manusia mahasiswa FISIP Universitas Riau.

Dalam kunjungan ini, pihak PUNJ diwakili oleh sejumlah orang penting, antara lain Datok Seri Zubir Mohd Said, Presiden Persatuan Usahawan Nusantara Johor, Norazreen Ahmad, Wakil Presiden I Persatuan Usahawan Nusantara Johor, Mohd Hafedz Bukhari, Biro Pendidikan dan Audit Internal Persatuan Usahawan Nusantara Johor, Lim Hua Heng, Biro Pemasaran Persatuan Usahawan Nusantara Johor, dan Nazri Muhd Din, Biro Pemasaran Persatuan Usahawan Nusantara Johor.

Demi memperkuat kerjasama, turut hadir juga delegasi dari KADIN Dumai, yang diwakili oleh Ketua KADIN Dumai, Zulfan Ismaini, SH, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan kemitraan Kadin Dumai, Muhammad Arief, yang juga seorang mahasiswa FISIP Universitas Riau Jurusan Hubungan Internasional, serta Dekan FISIP Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Auradian Marta, S.IP., MA, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Mayarni, S.Sos., M.Si, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni, Dr. Saiman Pakpahan, S.IP., M.Si.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP Universitas Riau Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa kunjungan dari KADIN Dumai dan PUNJ Malaysia merupakan kesempatan emas bagi FISIP untuk meningkatkan kualitas softskill dan sumber daya mahasiswa. Beberapa cara yang dilakukan adalah dengan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun langsung dalam kegiatan usaha, mengikuti pelatihan kewirausahaan serta pengembangan wawasan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia usaha.

Pada kesempatan tersebut, KADIN Dumai, Zulfan Ismaini, SH, sebagai penghubung antara FISIP Universitas Riau dan PUNJ menyampaikan peluang kerjasama ini berharap bisa mengembangkan skill dan knowledge mahasiswa dalam menciptakan lapangan kerja.

Sementara itu, Presiden PUNJ, Datuk Seri Zubir Mohd Said, mengapresiasi inisiatif FISIP dalam mengembangkan pendidikan dan pengajaran serta mengharapkan kunjungan ini bisa menjadi awal kerjasama yang baik antara PUNJ sebagai organisasi usaha dan FISIP sebagai lembaga pendidikan. Presiden PUNJ juga menyoroti pentingnya pasar bebas ASEAN yang mengharuskan masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia dan Malaysia untuk saling berkoordinasi dalam menyiapkan tenaga kerja berkualitas, yang bisa bersaing di dalam lingkup pasar ASEAN dan global.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan FISIP Universitas Riau Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni, Dr. Saiman Pakpahan, S.IP., M.Si, menjelaskan bahwa program kerjasama ini bukan hanya sebatas program akademik yang dapat menambah nilai pada transkrip mahasiswa, tetapi juga dapat menjadi peluang bagi mahasiswa untuk mengukur dan mengembangkan kemampuan diri untuk menjadi seorang yang memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi. Melalui kunjungan ini, diharapkan mahasiswa dapat melihat kenyataan dan perkembangan di dunia usaha dan juga tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk memasuki dunia usaha setelah lulus dari FISIP.

Secara menyeluruh, kunjungan tersebut memperlihatkan dukungan dan kerjasama antar institusi untuk memajukan pendidikan dan ketahanan ekonomi daerah. Harapannya, kerjasama seperti ini dapat dilanjutkan dan memberikan hasil yang positif bagi semua pihak yang terlibat. Para mahasiswa FISIP dapat lebih siap menghadapi persaingan ekonomi global lewat penguatan softskill dan nilai entrepreneur yang dirasa sangat relevan di tengah era transisi ekonomi digital yang memiliki kecenderungan untuk mengutamakan kreativitas dan inovasi dalam hal pengembangan bisnis. -Enggy-