Pekanbaru, 12 Agustus 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di bidang pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (UNRI) resmi menjalin kerjasama dengan Fakultas Hospitality dan Pariwisata Universitas Pelita Harapan. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Dekan FISIP UNRI, Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si., dan Dekan Fakultas Hospitality dan Pariwisata UPH, Prof. Dr. Diena Mutiara Lemy, A.Par., M.M., CHE., dan dihadiri Ketua Program Studi UPW Dr. Mariaty Ibrahim, S.Sos., M.Si., Sekretaris Jurusan Ilmu Administrasi Andry Sulistyani, S.S., M.Par, Ketua Humas/Ketua PPID FISIP Dr. Fajriani Ananda, S.Sos., M.Si., seluruh dosen program studi UPW.

Salah satu fokus utama dari kerjasama ini adalah pengembangan kurikulum Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) UNRI, dengan melibatkan pakar pariwisata dari UPH. Workshop peninjauan kurikulum yang digelar bersamaan dengan penandatanganan kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan industri pariwisata saat ini.

Kerjasama ini mencakup kegiatan-kegiatan akademik seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, serta penelitian bersama.

Prof. Diena yang sekaligus Ketua DPP Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari)
memberikan materi dalam workshop peninjauan kurikulum Program Studi UPW. Kehadiran beliau diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi dosen dan mahasiswa UPW mengenai perkembangan terkini di dunia pariwisata dan bagaimana menerapkannya dalam proses pembelajaran.

Dr. Meyzi menyambut baik kerjasama ini dan menitipkan harapan poin-poin kerjasama dapat segera diimplementasikan.

Dr. Mariaty selaku Ketua Program Studi UPW dalam sambutannya menyampaikan, dengan dilakukannya peninjauan kurikulum ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi program studi untuk dapat melaksanakan pengembangan dan redesign kurikulum agar capaian pembelajaran lulusan yang kompeten sesuai dengan permintaan dunia usaha dan dunia industri serta perkembangan ilmu dan keahlian, tuntutan stakeholder dan aturan pemerintah serta berusaha meningkatkan capaian pembelajaran mahasiswa yang lebih baik.