Siak, 24 September 2024 – Dosen Program Studi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Riau melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada hari Senin dan Selasa, 23 s.d. 24 September 2024 di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak Sri Indrapura. Pelaksanaan kegiatan ini dibagi dalam 3 (tiga) Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD) yaitu: KJFD Administrasi dan Kebijakan Bisnis, KJFD Administrasi dan Sumber Daya Manusia (fokus pada Kampung Merangkai) dan KJFD Administrasi dan Keuangan Bisnis (fokus kepada Kampung Dayun).

Koordinator Program Studi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Riau Dr. Lie Othman S.Pi, MM, CDMP, CROP menyampaikan rasa terimakasih kepada perangkat Kecamatan Dayun dan para tamu undangan yang telah bersedia hadir pada kegiatan FGD ini. Selanjutnya Dr. Lie Othman menyatakan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi masyarakat setempat, khususnya terkait dengan kesejahteraan ekonomi Petani Sawit. Lebih lanjut beliau menyampaikan:"Prodi Administrasi Bisnis ingin menjalin kemitraan dengan masyarakat dan pemerintah lokal untuk mencari solusi yang berkelanjutan,” ujarnya.

Penghulu Kampung Dayun Sabar, S.Pi menyambut baik kemitraan dan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat khususnya bagi petani sawit karena dapat memberikan manfaat signifikan yang berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan dan keberlanjutan usaha mereka. Melalui kolaborasi antara akademisi, pemerintah, dan masyarakat, berbagai inisiatif telah dilaksanakan untuk membantu petani dalam mengatasi tantangan yang dihadapi",ujar Sabar, S.Pi.

Dekan FISIP Universitas Riau  Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos, M.Si pada kesempatan berbeda memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Dosen Program Studi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Riau. Selanjutnya Dr. Meyzi menyatakan kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang tidak hanya berfokus pada pendidikan dan penelitian tetapi juga pengabdian kepada masyarakat. "Melalui kolaborasi dengan masyarakat setempat, kami bertujuan untuk memahami dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh warga di kedua kampung tersebut", ujar Dr. Meyzi.

Selama dua hari pelaksanaan, kegiatan diisi dengan survei lapangan, diskusi kelompok, serta wawancara mendalam dengan para petani, pengurus Bumdes, dan tokoh masyarakat. Pelaksanaan ini turut dihadiri oleh undangan dari Dinas Pertanian, Pimpinan Kecamatan, penyuluh pertanian, serta Kepala Kampung.

Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bagian dari komitmen Program Studi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Riau untuk berkontribusi dalam pengembangan daerah dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat. -Deni_RR-