Pada tanggal 11 September 2024, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau mengadakan talkshow Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) yang dipimpin oleh Dr. Tantri Puspita, M.I.Kom, menyelenggarakan kegiatan talkshow tentang pembuatan video konten. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Harian Riau Pos sebagai media partner.

Talkshow ini bertujuan untuk memperkenalkan tata cara pembuatan video konten yang baik dan responsif terhadap standar jurnalistik dan visualisasi yang baik. Dalam kata sambutannya, WD 3 Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama FISIP Universitas Riau, Dr. Saiman Pakpahan, S.IP., M.Si, menjelaskan bahwa talkshow ini sangat penting karena konten video kini semakin marak dan memiliki pengaruh besar di masyarakat, sehingga perlu diperhatikan mulai dari proses produksinya agar menghasilkan konten video yang berkualitas dan sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Salah satu narasumber dalam talkshow ini adalah Ali Nurman, koordinator liputan dari Riau Pos. Beliau memaparkan bahwa keberhasilan sebuah video konten tidak hanya dilihat dari jumlah view, namun juga harus memperhatikan etika dan kualitas konten yang dibuat. Hal ini sangat penting mengingat makin berkembangnya media sosial dan memunculkan berbagai platform yang memungkinkan siapa saja untuk membuat dan membagikan konten video. Oleh karena itu, Ali Nurman menekankan pentingnya menjunjung tinggi etika dan prinsip jurnalistik dalam pembuatan video konten untuk menghasilkan konten yang berbobot dan berdaya upaya yang lebih baik.

Mhd. Akhwan, pewarta foto Riau Pos, juga hadir dalam talkshow sebagai narasumber. Akhwan menyampaikan pandangannya terkait proses pembuatan video konten dari sudut pandang seorang fotografer dan bagaimana memilih angle yang tepat untuk memperkuat visualisasi konten. Menurutnya, angle yang tepat akan memperkuat visualisasi dalam video konten dan memberikan kesan lebih jelas kepada penonton, sehingga pesan yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik.

Di akhir talkshow, para peserta diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait proses pembuatan video konten. Dalam diskusi tersebut, para peserta dapat saling berbagi tips dan trik dalam pembuatan video konten yang baik dan sesuai dengan standar jurnalistik dan visualisasi yang baik. Ada banyak informasi yang bisa ditekan dan dipelajari dari talkshow ini, termasuk materi tentang memilih dan mengatasi pro dan kontra dalam konten video, mekanisme pembuatan ide yang baik, penulisan naskah, pengambilan gambar dan pengeditan video, hingga distribusi dan pemasaran konten video.

-Eng-RR-