Pekanbaru, 3 Januari 2024--Dalam rangka implementasi pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau melakukan inovasi Mal Pelayanan Terpadu (MPT) yang merupakan langkah maju dalam transformasi pelayanan di lingkungan akademik. MPT FISIP dirancang untuk menjadi pusat pelayanan yang menyatukan layanan akademik dan non-akademik dalam satu tempat, memungkinkan mahasiswa, tenaga pendidik, tenaga kependidikan,alumni, dan masyarakat umum untuk mengakses berbagai layanan birokrasi yang efektif dan efisien untuk mempermudah proses administrasi, termasuk surat menyurat, permohonan layanan, dan informasi terkait.

MPT FISIP juga menyediakan Layanan Pengaduan Zona Integritas sebagai wadah bagi seluruh pengguna layanan untuk melaporkan pelanggaran integritas seperti pelayanan yang tidak sesuai SOP dan prinsip pelayanan prima, gratifikasi, indikasi korupsi, dan sebagainya. Dengan adanya mekanisme pengaduan yang jelas dan terkelola dengan baik, pelanggaran integritas dapat diidentifikasi dan ditindaklanjuti secara efektif, sehingga dapat membangun budaya organisasi yang kuat.

Pada peresmian MPT yang dihadiri oleh jajaran pimpinan Universitas Riau, jajaran pimpinan FISIP, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, Dekan FISIP Universitas Riau, Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si., menyatakan, MPT ini merupakan bagian dari 10 program strategis Universitas Riau, yaitu menciptakan kampus yang nyaman, sekaligus mewujudkan cita-cita Dekan periode-periode sebelumnya.

Dr. Meyzi juga menyampaikan di FISIP banyak inovasi-inovasi seperti Pojok Pengaduan, Pendampingan dan Kesehatan, Election Corner, Gugus Tugas K3L dan sebagainya.

FISIP terus berbenah, dan kami berharap akan ada peresmian yag lebih besar lagi dengan kehadiran Ibu Rektor, yaitu peresmian Gedung Dosen, yang sudah kami masukkan ke Bagian Perencanaan, lanjut Dr. Meyzi.

Di akhir sambutannya Dekan FISIP menyampaikan terima kasih kepada seluruh civitas akademika, mari kita wujudkan FISIP Bersatu dan FISIP Lebih Baik dengan tagline SOCIETY.

Acara berikutnya sambutan oleh Rektor Universitas Riau, Prof. Dr. Sri Indarti, S.E., M.Si., yang sangat mengapresiasi inovasi Mal Pelayanan Terpadu FISIP karena menjadi yang pertama dan satu-satunya di Universitas Riau pada tahun 2024 ini. Tentu saja hal ini sesuai dengan jargon “Sri-Kandi” Kreatif, Amanah, Networking, Dedikasi dan Integritas, menjadi program prioritas untuk mengelola tata organisasi di Universitas Riau
meliputi sepuluh program strategis yang harus dicapai untuk menjadikan Universitas Riau menuju World Class University:
1) UNRI sehat, nyaman dan aman
2) transformasi Sistem pendidikan dan pembelajaran berwawasan kebangsaan berbasis teknologi informasi global
3) produktivitas riset strategis dan inovatif berbasis keunggulan lokal dengan publikasi bereputasi internasional
4) Peningkatan akreditasi internasional bagi program studi yang strategis
5) Meningkatkan peran lembaga atau fakultas dan dosen sebagai agen of chage melalui pengabdian masyarakat
6) membangun sistem teknologi informasi terintegrasi transparan dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan dan administrasi
7) Membangun infrastruktur kampus yang strategis dengan mengedepankan atmosfer akademik dan mendukung optimalisasi terselenggaranya Tridharma Perguruan Tinggi
8) Peningkatan Income generating Non UKT
9) membangun jejaring akademik terintegrasi pada alumni dan stakeholder, dan 10) Membentuk mahasiswa multitalenta dengan soft skill tinggi.
Tentu saja hal ini bisa diwujudkan dengan komitmen, kebersamaan dan kontribusi kita semua, ujar Prof. Dr. Sri Indarti, SE.,M.Si
Pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng oleh Rektor Universitas Riau, menandai peresmian beroperasinya Mal Pelayanan Terpadu FISIP Universitas Riau yang disambut meriah oleh seluruh tamu yang hadir.
FISIP Universitas Riau berkomitmen untuk menciptakan lingkungan akademik yang lebih transparan, akuntabel, dan berintegritas.
(-RR-)