Pekanbaru, 15 Agustus 2024 –Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) akan menggelar kuliah umum dengan tema besar "10 Tahun Perjalanan Diplomasi Indonesia" di FISIP Universitas Riau pada tanggal 20 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemenlu.

Jurusan Hubungan Internasional (HI) FISIP Universitas Riau mewakili Provinsi Riau dalam penyelenggaraan kegiatan kuliah umum tersebut. Kuliah umum diharapkan dapat dihadiri oleh mahasiswa aktif HI FISIP UNRI dan acara akan dibuka dengan sesi pengantar secara virtual oleh Menteri Luar Negeri RI Ibu Retno L.P. Marsudi.

Narasumber dalam kuliah umum ini adalah Bapak T.B.H. Witjaksono Adji, Direktur Kerjasama Intra dan Antarkawasan Asia Pasifik dan Afrika, yang akan berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai perkembangan diplomasi Indonesia dalam satu dekade terakhir.

"Kami sangat mengapresiasi kerjasama dengan Kemenlu dalam menyelenggarakan kegiatan akademik yang bermanfaat bagi mahasiswa FISIP umumnya dan mahasiswa Hubungan Internasional khususnya," ujar Dekan FISIP UNRI, Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos.  M.Si.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi mahasiswa HI mengenai dinamika hubungan internasional dan peran penting diplomasi dalam pembangunan negara," ujar Ketua Jurusan HI FISIP, Dr. Yusnarida Eka Nizmi, M.Si.

Kuliah umum ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk berkontribusi dalam memajukan diplomasi Indonesia.

-RR-