Rabu (02/04/2024), FISIP Universitas Riau kembali lakukan sosialisasi Pembahasan Data Dukung SAKIP 2024,  kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Gedung Dekanat Lantai II  FlSIP Universitas Riau pada pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB, kegiatan dihadiri oleh Dekan FISIP Universitas Riau Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademis Dr. Auradian Marta, S.IP., MA, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr. Mayarni, S.Sos., M.Si dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Saiman Pakpahan, S.IP., M.Si, serta seluruh Tim SAKIP FISIP Universitas Riau. Acara ini diorganisir oleh FISIP Universitas Riau sebagai upaya untuk menyusun data dukung untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2024.

Hasil diskusi memberikan beberapa rekomendasi dan kesimpulan penting yang harus diperhatikan untuk menjamin kemajuan kinerja FISIP Universitas Riau yang lebih baik ke depannya. Pertama, penting untuk bekerja secara optimal dengan cara menambah anggota baru dalam Tim SAKIP FISIP Universitas Riau. Tim baru ini harus bergabung dalam penyusunan Tim SAKIP agar dapat berkontribusi lebih banyak. Selain itu, bulan April sudah dijadwalkan pembuatan laporan capaian dan diharapkan laporan terakhir selesai pada bulan Desember-Januari.
Dalam pembahasan acara ini juga dibentuk Tim Manajemen Resiko Fakultas yang akan dipimpin oleh Dr. Lie Othman, MM. Tim ini akan mulai bekerja antara bulan Mei hingga Oktober 2024 dan bertanggung jawab dalam menambah profil dan menjadikan legitimasi resiko.

Tim SAKIP FISIP Universitas Riau diharapkan dapat memperhatikan rencana tindak lanjut dan timeline SAKIP FISIP Universitas Riau agar sesuai dengan target yang sudah ditetapkan. Selain itu, penting untuk melakukan mapping terlebih dahulu terkait dengan Standard Operating Procedure (SOP), terutama SOP yang belum disusun dan yang membutuhkan pembahasan kembali. Tim yang sudah mendapatkan jobdesk diharapkan dapat membantu Sub. Koord untuk melaksanakan tugasnya.
(lanjut di kolom komentar)

Terkait dengan SOP reward dan punisment, penting untuk melakukan penilaian yang lebih efisien agar dapat meningkatkan efektivitas kinerja FISIP Universitas Riau. SOP mana yang menjadi prioritas dengan tahapan review terlebih dahulu akan dilihat kembali setelah libur Idul Fitri.Pada tanggal 23 April 2024, Tim kecil akan melakukan pertemuan untuk membahas SOP. Review SOP juga dilakukan oleh SPMF dan Tim SOP secara berkala.
Terakhir, pembahasan Manajemen Resiko juga menjadi isu penting dalam perencanaan SAKIP FISIP Universitas Riau. Oleh karena itu, pengelolaan risiko juga harus diperhatikan dalam ikhtiar peningkatan kinerja.
Diharapkan pembahasan data dukung SAKIP 2024 FISIP Universitas Riau dapat memberikan manfaat dan menunjukkan komitmen FISIP Universitas Riau dalam meningkatkan kinerja institusi ke depannya.
(Budi-RR)