Pada tanggal 27 September 2024, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau mengadakan coaching atau penggunaan website kepada seluruh tim Humas di lingkungan FISIP khususnya operator website dari masing-masing Jurusan dan Program Studi di Ruangan Akar Beluru Dekanat Lantai 2. Coaching ini untuk mengakomodir perpindahan platform dari WordPress ke CMS Laravel.

Perpindahan platform ini merupakan salah satu upaya FISIP Universitas Riau untuk terus meningkatkan kualitas dan layanan yang diberikan kepada pengunjung website. CMS Laravel dipilih karena memiliki keunggulan berupa keamanan yang lebih baik dan kemampuan untuk mengelola konten yang lebih efisien.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP Universitas Riau, Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si., menyampaikan bahwa pelatihan tersebut merupakan investasi penting untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan operator website agar dapat mengoptimalkan penggunaan CMS Laravel. Coaching ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran bagi seluruh operator website Jurusan dan Program Studi di lingkungan FISIP dalam pengelolaan website.

Ketua Humas FISIP Universitas Riau, Dr. Fajriani Ananda, S.Sos., M.Si., dalam kesempatan berbeda menjelaskan bahwa CMS Laravel menyediakan berbagai fitur yang berguna dalam mengelola konten website. Selain itu, Laravel juga memiliki lingkungan pengembangan yang mudah digunakan dan didukung oleh komunitas pengembang yang besar. Ini akan memudahkan pengguna untuk memperbaiki dan mengoptimalkan website secara berkala tanpa mengalami kendala teknis. "Dengan penguasaan teknologi ini, FISIP Universitas Riau akan dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pengunjung website," ujar Dr. Fajriani.

Dalam coaching ini, staf Humas FISIP Universitas Riau, Hanggy Ardo, S.Kom, yang merupakan operator website FISIP dan sekaligus pengelola akun media sosial FISIP menjadi narasumber dan memberi bimbingan teknis kepada seluruh operator website Jurusan dan Program Studi agar memahami tatacara perpindahan platform dari WordPress ke CMS Laravel dan mulai beradaptasi dengan lingkungan pengembangan baru ini.

Kegiatan coaching yang diadakan oleh FISIP Universitas Riau merupakan bagian dari mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi sebagai upaya nyata untuk terus meningkatkan standar kualitas dan layanan yang diberikan oleh universitas kepada civitas akademika.- Enggy-RR-