Pada tanggal 2 September 2024, Dinas Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau melaksanakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Pekanbaru di Halaman Dekanat FISIP Universitas Riau. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan donor darah kepada seluruh civitas akademika dan mahasiswa FISIP Universitas Riau serta membantu memenuhi kebutuhan darah bagi pasien yang membutuhkan. Kegiatan ini dilakukan dengan tema "Setetes Darah, Sejuta Harapan: Berbagi Kebaikan Menyelamatkan Nyawa,".

Dinas Pengabdian Masyarakat BEM FISIP Universitas Riau memiliki tekad besar untuk mendukung kegiatan kemanusiaan di FISIP Universitas Riau. Oleh karena itu, kegiatan tersebut patut diapresiasi dan didukung oleh semua pihak. Donor darah merupakan wujud kepedulian dan kebaikan terhadap kesehatan dan keselamatan manusia. Kegiatan tersebut membutuhkan partisipasi dan dukungan dari seluruh masyarakat agar dapat memberikan kecukupan pasokan darah bagi mereka yang membutuhkan.

Dekan FISIP Universitas Riau Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si  dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Saiman Pakpahan, S.IP., M.Si turut membersamai kegiatan ini yang dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat dan standar operasional untuk memastikan semua pendonor dan tim medis dalam kondisi aman serta terjaga kesehatannya.

Dinas Pengabdian Masyarakat BEM FISIP Universitas Riau dan PMI Kota Pekanbaru untuk memastikan tercapainya target jumlah pendonor yang signifikan. Civitas akademika FISIP Universitas Riau merespons positif kegiatan donor darah ini. Dan memang ditemukan sebagian pendonor yang baru pertama kali mencoba pengalaman donor darah. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan donor darah perlu dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian mengenai pentingnya donor darah bagi kesehatan dan keselamatan sesama.

Diharapkan dari kegiatan donor darah yang dilakukan secara rutin ini, civitas akademika FISIP dapat meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya donor darah. Kegiatan ini sejalan dengan harapan PMI dan pemerintah Kota Pekanbaru dalam meningkatkan jumlah donor darah secara konsisten.

-Eng-RR-