Pekanbaru, 20 Agustus 2024 – Gerakan Kreativitas Mahasiswa (GKM) FISIP UNRI berkolaborasi dengan Dinas Penelitian dan Pengembangan BEM FISIP UNRI berhasil mengadakan lomba esai yang ditujukan untuk mahasiswa baru dalam rangkaian kegiatan FISIP on Gathering (FOG).

GKM merupakan sebuah komunitas yang berada di bawah naungan Dinas Penelitian dan Pengembangan BEM FISIP UNRI yang berperan sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang akademik dan meningkatkan semangat mahasiswa untuk terus meraih prestasi.

FISIP on Gathering adalah rangkaian acara yang diselenggarakan oleh BEM FISIP UNRI bersama kelembagaan mahasiswa  se-lingkungan FISIP UNRI, yang bertujuan untuk membangun kekompakan dan solidaritas diantara mahasiswa baru. Acara ini dihadiri oleh Dekan FISIP UNRI, Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si., bersama dengan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Saiman, S.I.P., M.Si.

Perlombaan yang telah diselenggarakan pada 11-18 Agustus 2024 lalu ini, mengangkat tema "Dari Studi ke Aksi: Kontribusiku untuk Provinsi Riau Setelah Menyelesaikan Studi". Perlombaan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dari 7 Jurusan yang ada di FISIP UNRI.

Sementara itu, pada tanggal 17 Agustus 2024, perlombaan esai ini telah memasuki tahap penilaian oleh juri, yang kemudian pada hari selanjutnya 18 Agustus 2024 di puncak acara tepatnya pada sore hari diumumkannya pemenang dari perlombaan esai bagi mahasiswa baru FISIP UNRI. Perlombaan esai ini dimenangi oleh Wulan Puspita Sari dari Jurusan Usaha Perjalanan Wisata sebagai Juara 1, Elsyi Adillia Fitri dari Jurusan Usaha Perjalanan Wisata sebagai Juara 2, dan Ahmad Dani Rizkianto dari Jurusan Ilmu Komunikasi sebagai Juara 3. Perlombaan esai ini juga meninggalkan berbagai kesan dan pesan dari para peserta dan pemenang.

"Saya merasa perjuangan saya lunas terbayarkan, karena perlombaan ini diadakan dalam waktu yang singkat dan saya juga terpaksa begadang untuk dapat menyelesaikan naskah saya. Harapan saya semoga di tahun selanjutnya GKM bersama Dinas Litbang BEM FISIP UNRI dan juga dukungan dari fakultas dapat mengadakan kegiatan akademik seperti ini untuk FISIP yang lebih baik," ujar Wulan Puspita Sari, Juara 1 Lomba Esai Mahasiswa Baru FISIP UNRI Tahun 2024.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Saiman, S.I.P., M.Si., juga mengatakan dalam wawancaranya untuk selalu mendukung kegiatan akademik seperti ini.

"Saya berharap GKM bersama BEM FISIP UNRI dapat mendorong dan memacu akselerasi akademik di FISIP UNRI. Karena sejatinya GKM, BEM FISIP UNRI, dan juga Sivitas Akademika FISIP UNRI harus memberikan ruang dan menciptakan keadaan untuk masuknya aktivitas akademik, dan tentu saja saya sangat mengapresiasi hal baik tersebut," ujar Dr. Saiman, S.I.P., M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama.

Dengan terselenggaranya perlombaan esai ini, diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa baru FISIP UNRI untuk mengekspresikan pemikiran kritis dan kreatif mereka. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengasah kemampuan menulis, tetapi juga untuk memicu semangat akademik dan intelektual sejak awal perjalanan mereka di dunia perkuliahan.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Instagram: @gkmfisipur

Instagram: @bemfisipur

 

Penulis: Farras Anggoro

Editor: Peter Yohansen