Selasa, 20 Agustus 2024, telah diadakan Kuliah Umum Politik Luar Negeri Republik Indonesia di Gedung Drs. Sutan Balia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau. Tema yang diambil dalam kuliah umum ini ialah “10 Tahun Perjalanan Diplomasi Indonesia”. 

Acara kuliah umum ini diawali dengan kata sambutan secara online dari Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L. P. Marsudi. Lalu, pada pukul 11.00, acara dibuka oleh Master of Ceremony, Siti Wada Palamani, S.IP., M.Han, yang mengatur alur jalannya kuliah umum. 

Dilanjut dengan kata sambutan dari Direktur Kerja Sama Intra dan Antarkawasan Asia Pasifik dan Afrika, T.B.H. Witjaksono Adji, serta pembukaan acara kuliah umum oleh Dekan Fisip Universitas Riau, Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si. 

Acara kuliah umum dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber, T.B.H. Witjaksono Adji, yang dibantu oleh moderator, Dr. Yessi Olivia, S.IP., M.IntRel. sebagai Dosen Hubungan Internasional Universitas Riau. 

Selama kuliah umum berjalan, para mahasiswa-mahasiswi Universitas Riau memperhatikan dengan baik materi yang disampaikan oleh Narasumber. Selain itu, dalam sesi tanya jawab, mahasiswa-mahasiswi Hubungan Internasional juga sangat aktif dalam memberikan pertanyaan yang kritis serta menanyakan pendapat pribadi terkait suatu isu dari Narasumber. Sebelum acara ditutup oleh Master of Ceremony, Moderator, Dr. Yessi Olivia, S.IP., M. IntRel. memberikan kesimpulan terkait materi yang telah disampaikan oleh Narasumber. Selanjutnya, acara kuliah umum ditutup oleh Master of Ceremony pada pukul 12.10 dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan pihak Kementerian Luar Negeri Asia Pasifik dan Afrika, para dosen, akademisi, dan perwakilan mahasiswa-mahasiswi jurusan Hubungan Internasional Universitas Riau.