Bengkalis, 14 Agustus 2024 â€” Dalam upaya mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya poin 5 tentang kesetaraan gender, mahasiswa KUKERTA MBKM Universitas Riau (UNRI) dari jurusan Hubungan Internasional dan Sosiologi, yang berjumlah 12 orang dibawah bimbingan ibu Dosen Dr. Yusnarida Eka Nizmi, S.IP., M.Si, menggelar sosialisasi mengenai pendidikan yang setara di Desa Lubuk Garam, Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Kegiatan ini dilakukan bersama Anggota Forum Anak Desa Lubuk Garam (FANLUGAR).

 

https://cms.unri.ac.id/storage/media/331/ubuSFQktiTkFFTzGtCNxExxyGADlSY9OS6LSG8OI.jpg

 

Ketua KUKERTA MBKM UNRI, Mhd. Urfa Hunaufalkhair menjelaskan bahwa program sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak di Desa Lubuk Garam akan pentingnya pendidikan yang merata bagi semua, tanpa memandang jenis kelamin. "Kami ingin menanamkan pemahaman bahwa baik anak laki-laki maupun perempuan memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi dan berkualitas," ujar Ketua Urfa.

Pentingnya pendidikan bagi anak-anak dunia ketiga. Karena dalam data Nasional terkait kecelakaan lalu lintas, anak-anak hingga remaja, tercatat kurang dari 14,3 persen atau sekitar 6.004 dari 42.080 total kecelakaan lalu lintas terjadi pada anak-anak dan remaja dibawah 17 tahun yang ditangani oleh POLRI. Hal ini dikarenakan anak-anak dan remaja usia yg sedang menanjak itu diberi kebebasan mengendari kendaraan roda dua maupun empat. Jalan raya bagi kanak dan remaja Indonesia, adalah "ladang penbantaian" generasi muda. Dan indonesia berada di posisi kelima dalam peringkat negara dengan kematian di jalan raya.

Pendidikan untuk semua. Pendidikan dalam corak dan pendekatan inklusi. Pendidikan sepanjang hayat [long life education] serta kesadaran literasi pada peringkat awal, di era digital.

A. S. Neill, berpendapat bahwa "keterbelakangan anak-anak adalah karena tatanan sosial yang otoritarian. la adalah seorang guru, yang meninggalkan sistem pendidikan negara dengan alasan bahwa "sekolah- sekolah negara hanya menghasilkan sebuah mentalitas budak karena hanya dengan mentalitas budaklah keseluruhan sistem dapat terlindungi."
-Clifford Harper, Anarki Panduan Grafis

Melalui program ini, diharapkan anak-anak di Desa Lubuk Garam dapat terinspirasi untuk terus melanjutkan pendidikan mereka, sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan desa dan menciptakan masyarakat yang lebih adil dan setara.

 

https://cms.unri.ac.id/storage/media/332/MkkgtIZKpf5s0xgcLHia5eEPrnFCIke8Oz7BYl9I.jpg
https://cms.unri.ac.id/storage/media/333/uF24Rfqau2RsALjpzg0r5MU6mGedVaz5bL0q8yH1.jpg