Pada tanggal 19 September 2024, Universitas Riau mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan topik Evaluasi Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Riau Tahun Akademik 2024/2025 yang diadakan di Hotel Pangeran Pekanbaru. FGD tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Riau, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pelaksanaan Pendidikan (LPPMP), seluruh Dekan, Koordinator Pusat MBKM UNRI, termasuk Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau, Dr. Meyzi Heriyanto, M.Si.

Guna meningkatkan kualitas pendidikan, Rektor Universitas Riau, Prof. Dr. Sri Indarti, S.E., M.Si, menjelaskan bahwa Universitas Riau telah memprioritaskan peningkatan kualitas pendidikan yang mencakup seluruh aspek, mulai dari aspek pendidikan, fasilitas, hingga pengembangan sumber daya manusia.

Dalam paparan pembicara lainnya, Dr. Rahman Karnila, S.Pi., M.Si, selaku Sekretaris LPPMP, memberikan penjelasan tentang berbagai hal yang dilakukan dalam penerimaan mahasiswa baru termasuk proses seleksi mahasiswa melalui ujian masuk dan melalui jalur prestasi siswa atau terpadu.

FGD diakhiri dengan kesepakatan seluruh peserta bahwa evaluasi pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tersebut harus terus dilakukan agar program pendidikan Universitas Riau dapat terus meningkatkan kualitasnya dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan pembangunan nasional. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Riau sangat memperhatikan kualitas dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru demi meningkatkan kinerja ke depannya.

Dalam hal ini, FISIP Universitas Riau turut serta membersamai FGD tersebut. Dr. Meyzi Heriyanto, M.Si, selaku Dekan FISIP menyatakan bahwa setiap fakultas wajib memperhatikan kualitas seleksi mahasiswa baru agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan dapat menciptakan mahasiswa yang berkualitas.

Tes potensi dan prestasi akademik menjadi faktor utama dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Riau seperti yang disampaikan oleh Dr. Rahman Karnila, Sekretaris LPPMP. Namun, beberapa mahasiswa mungkin memiliki prestasi yang tidak termasuk kategori tersebut. Oleh karena itu, Universitas Riau juga memiliki cara lain untuk mempertimbangkan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi siswa atau terpadu.

Inovasi dalam penerimaan mahasiswa baru dapat membantu universitas mendapatkan mahasiswa yang berkualitas, yang memiliki keahlian, bakat, dan kemampuan dalam bidang tertentu. Hal ini kemudian akan membangun citra positif Universitas Riau dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Eng-RR