Pekanbaru, 18 September 2024 — Bertempat di Open Space Universitas Riau (UNRI), upacara pembukaan Milad UNRI ke-62 diselenggarakan dengan meriah. Mengusung tema "Sains Inovatif, UNRI Bermartabat dan Unggul, acara ini dihadiri oleh segenap pimpinan universitas serta para tamu undangan dari berbagai perguruan tinggi di Pekanbaru.

FISIP Universitas Riau memeriahkan pembukaan Milad UNRI ke-62 dengan menampilkan kesenian tari Melayu dengan melibatkan tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang mendapat sambutan sangat meriah.

Dekan FISIP Universitas Riau Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Si., menyampaikan bahwa Milad UNRI ke-62 menjadi momentum penting bagi seluruh sivitas akademika untuk terus meningkatkan sinergi antara inovasi dan moralitas. "Tema Milad UNRI ini sangat relevan dengan tantangan zaman di mana inovasi sains dan teknologi harus diimbangi dengan integritas dan moralitas yang tinggi. Inovasi tanpa moralitas hanya akan menimbulkan ketimpangan. Oleh karena itu, di FISIP, kami terus berupaya mendukung visi UNRI untuk menjadi institusi yang tidak hanya unggul dalam inovasi ilmiah, tetapi juga menjunjung tinggi martabat dan etika dalam pengembangan ilmu sosial dan politik,” ujar Dr. Meyzi.

WD II Bidang Umum dan Keuangan Dr. Mayarni, S.Sos., M.Si., menambahkan inovasi harus disertai dengan manajemen yang efisien dan tata kelola yang baik. “Tema Sains Inovatif, UNRI Bermartabat dan Unggul adalah cerminan dari upaya kita untuk terus memperbaiki sistem manajerial yang ada, khususnya dalam pengelolaan sumber daya manusia dan keuangan. FISIP mendukung penuh visi ini dengan terus membangun budaya kerja yang profesional dan transparan untuk mendukung UNRI menjadi universitas yang unggul dan bermartabat," ujar Dr. Mayarni.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sekaligus Ketua Umum Pelaksana Milad ke-62, Dr. Syamsudhuha, M.Sc., dalam laporannya menyampaikan bahwa peringatan Milad UNRI ke-62 ini merupakan refleksi dari perjalanan panjang UNRI dalam dunia pendidikan dan pengajaran.

“Milad ini bukan sekadar perayaan, tetapi juga sebuah momen bermakna untuk mengenang dan menghormati dedikasi para pendahulu yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan pengajaran berkualitas,” ujar Dr. Syamsudhuha. Ia juga menambahkan, “Dengan bertambahnya usia, prestasi UNRI terus berkembang.”

Rektor UNRI, Prof. Dr. Sri Indarti, S.E., M.Si., dalam sambutannya menegaskan bahwa di usia ke-62 tahun, UNRI tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai wadah pembentukan karakter bangsa. “UNRI berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkolaborasi guna memperkokoh posisinya di kancah nasional dan internasional,” tutur Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pendiri UNRI yang telah berjasa membangun universitas hingga menjadi salah satu yang terkemuka. Rektor juga memberikan apresiasi kepada para alumni yang telah berperan aktif sebagai duta-duta UNRI di masyarakat.

Turut hadir dalam acara ini Pejabat Gubernur Riau, Ketua DPRD, dan pimpinan perguruan tinggi lainnya di Pekanbaru.

-RR-