Pages Navigation Menu

5. Jurusan Ilmu Komunikasi

STRUKTUR KURIKULUM MATA KULIAH DALAM SEBARAN PER SEMESTER

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

KURIKULUM TAHUN 2016

1.KONSENTRASI/BIDANG PEMINATAN PUBLIC RELATIONS

Susunan Mata Kuliah

Semester 1

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 UXN 1001 Agama 1 2
2 UXN 1005 Pancasila 1 2
3 UXN 1007 Bahasa Inggris 1 2
4 UXN 1008 Bahasa Indonesia 1 2
5 SPO 1101 Dasar-dasar Ilmu Politik 1 3
6 SPO 1102 Pengantar Sosiologi 1 3
7 SPO 1103 Pengantar  Ilmu Administrasi 1 3
8 SPK  1101 Pengantar Ilmu Komunikasi 1 3
9 SPK  1102 Dasar-dasar Komputer 1 3
TOTAL 23

 Semester 2

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 UXN 1006 Kewarganegaraan 2 2
2 SPK 1201 Dasar-dasar PR 2 3
4 SPK 1202 Dasar-dasar Manajemen Komunikasi 2 3
5 SPK 1203 Dasar-dasar Jurnalistik 2 3
6 SPK 1204 Psikologi Komunikasi 2 3
7 SPK 1205 Teori Komunikasi 2 3
8 SPK 1206 Etika dan Filsafat Komunikasi 2 3
TOTAL 20

 Semester 3

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPO 2101 Kewirausahaan 3 3
2 SPK 2101 Komunikasi Interpersonal 3 3
3 SPK 2102 Komunikasi Persuasif 3 3
4 SPK 2103 Sosiologi Komunikasi 3 3
5 SPK 2104 Perkembangan Teknologi Komunikasi 3 3
6 SPK 2105 Sistem Komunikasi Indonesia 3 3
7 SPK 2106 Komunikasi Organisasi 3 3
TOTAL 21

Semester 4

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPO 2201 Metode Penelitian Sosial 4 3
2 SPO 2202 Dasar-dasar Logika 4 3
3 SPK  2202 Komunikasi Politik 4 3
4 SPK  2203 Disain Komunikasi Visual 4 3
5 SPK  2204 Komunikasi Sosial Pembangunan 4 3
6 SPK  2206 Komunikasi Lintas Budaya 4 3
7 SPK  2207 Fotografi 4 3
TOTAL 21

 Semester 5

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPK   3101 Event Organizing 5 3
2 SPK   3102 Public Speaking 5 3
3 SPK   3103 Metode Penelitian Komunikasi 5 3
4 SPKh 3101 Hubungan Internal dan Eksternal 5 3
5 SPKh 3102 Penulisan PR dan Publisitas 5 3
6 SPKh 3103 Citra dan Opini Publik 5 3
7 SPKh 3104 Strategi dan Perencanaan PR 5 3
8 SPKh 3105 PR International 5 3
TOTAL 24

 Semester 6

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPK   3201 Audit Komunikasi 6 3
2 SPK   3202 Komunikasi Pemasaran 6 3
3 SPKh 3201 Kampanye PR 6 3
4 SPKh 3202 Personality Development 6 3
5 SPKh 3203 Seminar-Seminar Masalah PR 6 3
6 SPKh 3204 Produksi Media PR 6 3
7 MK Pilihan* 6 3
TOTAL 21

 Semester 7

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPKh 4101 Job Training PR 7 4
2 SPKh 4102 Kukerta 7 4
3 SPKh 4103 Seminar Usulan Penelitian 7 1
4 SPKh 4104 Skripsi 7 5
TOTAL 14

 

 

 2. KONSENTRASI/BIDANG PEMINATAN MANAJEMEN KOMUNIKASI DAN MEDIA

Susunan Mata Kuliah

Semester 1

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 UXN 1001 Agama 1 2
2 UXN 1005 Pancasila 1 2
3 UXN 1007 Bahasa Inggris 1 2
4 UXN 1008 Bahasa Indonesia 1 2
5 SPO 1101 Dasar-dasar Ilmu Politik 1 3
6 SPO 1102 Pengantar Sosiologi 1 3
7 SPO 1103 Pengantar  Ilmu Administrasi 1 3
8 SPK  1101 Pengantar Ilmu Komunikasi 1 3
9 SPK  1102 Dasar-dasar Komputer 1 3
TOTAL 23

 Semester 2

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 UXN 1006 Kewarganegaraan 2 2
2 SPK 1201 Dasar-dasar PR 2 3
4 SPK 1202 Dasar-dasar Manajemen Komunikasi 2 3
5 SPK 1203 Dasar-dasar Jurnalistik 2 3
6 SPK 1204 Psikologi Komunikasi 2 3
7 SPK 1205 Teori Komunikasi 2 3
8 SPK 1206 Etika dan Filsafat Komunikasi 2 3
TOTAL 20

 Semester 3

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPO 2101 Kewirausahaan 3 3
2 SPK 2101 Komunikasi Interpersonal 3 3
3 SPK 2102 Komunikasi Persuasif 3 3
4 SPK 2103 Sosiologi Komunikasi 3 3
5 SPK 2104 Perkembangan Teknologi Komunikasi 3 3
6 SPK 2105 Sistem Komunikasi Indonesia 3 3
7 SPK 2106 Komunikasi Organisasi 3 3
TOTAL 21

Semester 4

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPO  2201 Metode Penelitian Sosial 4 3
2 SPO  2202 Dasar-dasar Logika 4 3
3 SPK  2202 Komunikasi Politik 4 3
4 SPK  2203 Disain Komunikasi Visual 4 3
5 SPK  2204 Komunikasi Sosial Pembangunan 4 3
6 SPK  2206 Komunikasi Lintas Budaya 4 3
7 SPK  2207 Fotografi 4 3
TOTAL 21

 Semester 5

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPK    3101 Event Organizing 5 3
2 SPK    3102 Public Speaking 5 3
3 SPK    3103 Metode Penelitian Komunikasi 5 3
4 SPKm 3101 Manajemen Pemasaran 5 3
5 SPKm 3102 Ekonomi Media 5 3
6 SPKm 3103 Perencanaan Komunikasi 5 3
7 SPKm 3104 Manajemen Industri Media 5 3
8 SPKm 3105 Manajemen Produksi TV 5 3
TOTAL 24

 Semester 6

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPK    3201 Audit Komunikasi 6 3
2 SPK    3202 Komunikasi Pemasaran 6 3
3 SPKm 3201 Manajemen Produksi Film 6 3
4 SPKm 3202 Studi Media dan Budaya Populer 6 3
5 SPKm 3203 Seminar-Seminar Masalah Manajemen Komunikasi 6 3
6 SPKm 3204 Manajemen Periklanan 6 3
7 MK Pilihan* 6 3
TOTAL 21

 Semester 7

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPKm 4101 Job Training Manajemen Komunikasi 7 4
2 UXN 1009 Kukerta 7 4
3 SPKm 4103 Seminar Usulan Penelitian 7 1
4 SPKm 4104 Skripsi 7 5
TOTAL 14

 

3. KONSENTRASI/BIDANG PEMINATAN JURNALISTIK

Susunan Mata Kuliah Semester 1

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 UXN 1001 Agama 1 2
2 UXN 1005 Pancasila 1 2
3 UXN 1007 Bahasa Inggris 1 2
4 UXN 1008 Bahasa Indonesia 1 2
5 SPO 1101 Dasar-dasar Ilmu Politik 1 3
6 SPO 1102 Pengantar Sosiologi 1 3
7 SPO 1103 Pengantar  Ilmu Administrasi 1 3
8 SPK  1101 Pengantar Ilmu Komunikasi 1 3
9 SPK  1102 Dasar-dasar Komputer 1 3
TOTAL 23

 Semester 2

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 UXN 1006 Kewarganegaraan 2 2
2 SPK 1201 Dasar-dasar PR 2 3
4 SPK 1202 Dasar-dasar Manajemen Komunikasi 2 3
5 SPK 1203 Dasar-dasar Jurnalistik 2 3
6 SPK 1204 Psikologi Komunikasi 2 3
7 SPK 1205 Teori Komunikasi 2 3
8 SPK 1206 Etika dan Filsafat Komunikasi 2 3
TOTAL 20

 Semester 3

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPO 2101 Kewirausahaan 3 3
2 SPK 2101 Komunikasi Interpersonal 3 3
3 SPK 2102 Komunikasi Persuasif 3 3
4 SPK 2103 Sosiologi Komunikasi 3 3
5 SPK 2104 Perkembangan Teknologi Komunikasi 3 3
6 SPK 2105 Sistem Komunikasi Indonesia 3 3
7 SPK 2106 Komunikasi Organisasi 3 3
TOTAL 21

 Semester 4

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPO  2201 Metode Penelitian Sosial 4 3
2 SPO  2202 Dasar-dasar Logika 4 3
3 SPK  2202 Komunikasi Politik 4 3
4 SPK  2203 Disain Komunikasi Visual 4 3
5 SPK  2204 Komunikasi Sosial Pembangunan 4 3
6 SPK  2206 Komunikasi Lintas Budaya 4 3
7 SPK  2207 Fotografi 4 3
TOTAL 21

 Semester 5

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPK  3101 Event Organizing 5 3
2 SPK  3102 Public Speaking 5 3
3 SPK  3103 Metode Penelitian Komunikasi 5 3
4 SPKj 3101 Sejarah dan Sistem Pers 5 3
5 SPKj 3102 Bahasa Jurnalistik 5 3
6 SPKj 3103 Teknik Penulisan Berita 5 3
7 SPKj 3104 Investigative Report 5 3
8 SPKj 3105 Jurnalisme Radio 5 3
TOTAL 24

 Semester 6

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPK  3201 Audit Komunikasi 6 3
2 SPK  3202 Komunikasi Pemasaran 6 3
3 SPKj 3201 Jurnalisme TV 6 3
4 SPKj 3202 Jurnalisme Onlie 6 3
5 SPKj 3203 Seminar-Seminar Masalah Jurnalistik 6 3
6 SPKj 3204 Hukum dan Etika Pers 6 3
7 MK Pilihan* 6 3
TOTAL 21

 Semester 7

NO KODE MATA KULIAH SEMESTER SKS
1 SPKj 4101 Job Training Jurnalistik 7 4
2 SPKj 4101 Kukerta 7 4
3 SPKj 4102 Seminar Usulan Penelitian 7 1
4 SPKj 4103 Skripsi 7 5
TOTAL 14

 

KETERANGAN:

Susunan Mata Kuliah Pilihan

NO KONSENTRASI MATA KULIAH KODE

MATAKULIAH

SEMESTER SKS
1 Humas Citra dan Opini Publik SPKh 3103 5/6 3
2 Humas PR International SPKh 3105 5/6 3
3 Manajemen Komunikasi dan Media Studi Media dan Budaya Populer SPKm 3102 5/6 3
4 Manajemen Komunikasi dan Media Manajemen Pemasaran SPK 3202 5/6 3
5 Jurnalistik Jurnalisme Online

 

SPKj 3202 5/6 3

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI

KURIKULUM TAHUN 2016

1. UXN 111 AGAMA 2 SKS

Mata kuliah ini untuk mengantarkan mahasiswa agar kelak menjadi sarjana dan cendikiawan religious yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berilmu dan berakhlak mulia serta menjadikan ajaran agama sebagai landasan berfikir dan berperilaku dalam pengembangan profesi.

2. UXN 112 PENDIDIKAN PANCASILA 2 SKS

Sejarah Nasional yang berkaitan langsung dengan terbentuknya pembukaan UUD 1945 dan UUD 1945, uraian tetap pembukaan UUD 1945 baik sebagai suatu yang berdiri sendiri maupun sebagai suatu pembukaan yang melahirkan UUD 1945. Tujuan Pancasila sebagai filsafat (suatu pengantar).

3. UXN 121 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2 SKS

Mata kuliah ini menjelaskan tentang pentingnya pendidikan kewarganegaraan, wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, politik strategi nasional, politik strategi pertahanan dan keamanan nasional, sistem pertahanan masyarakat semesta untuk mengembangkan kepribadiannya selaku warganegara yang berperan aktif menegakkan demokrasi menuju masyarakat madani dan mampu mewujudkan nilai-nilai dasar perjuangan bangsa Indonesia.

4. SPO 112 PENGANTAR SOSIOLOGI 3 SKS

Mata kuliah ini menjelaskan kepada mahasiswa tentang pengertian dan dasar-dasar pengetahuan mengenai masyarakat sosial, kepribadian, sosialisasi, proses sosial, lembaga-lembaga sosial, lapisan-lapisan masyarakat, kebudayaan dalam masyarakat dan perubahan dan kaitannya dengan proses operasional komunikasi dalam masyarakat.

5. SPO 111 PENGANTAR ILMU POLITIK 3 SKS

Memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang berbagai pandangan mengenai ilmu politik, obyek dan studi ilmu serta ruang lingkupnya. Diuraikan juga tentang Negara sebagai konsep politik meliputi : Negara, kekuasaan, dan ideologi : bentuk-bentuk pemerintahan dan bentuk-bentuk Negara, sistem pemerintahan, sistem politik : ideologi politik : hukum dan masyarakat : kekuasaan Negara : Negara dan partisipasi politik serta konsep-konsep dasar tentang demokrasi : hak-hak azasi manusia : trias politika dan partai-partai politik dari pada political activity.

6. SPO 211 SISTEM SOSIAL BUDAYA INDONESIA 3 SKS

Pengertian sistem budaya, sistem dan batas-batas sistem. Lingkup sosial budaya sebagai sub-sub sistem kemasyarakatan tentang masyarakat sebagai sistem sosial dan unsur-unsur sistem sosial. Pendekatan teoritis tentang konflik dan integrasi dan structural fungsional. Struktur majemuk masyarakat Indonesia, struktur masyarakat horizontal dan vertikal dan ciri-ciri khas manusia Indonesia. Integrasi nasional dan kebudayaan nasional.

 

7. SPO 213 DASAR-DASAR LOGIKA 3 SKS

Untuk dapat memberikan pengertian (konsepsi) sebagai landasan berfikir pada mahasiswa agar dapat menambah efisiensi cara berfikirnya. Membimbing mahasiswa agar mempunyai daya nalar (penalaran) yang tepat sehingga dapat memanfaatkannya dalam tingkat berfikir yang benar. Memberikan kecakapan dalam menerapkan hukum-hukum logika dalam persoalan konkrit yang dihadapi dalam hidup sehari-hari.

 8. SPO 221 SISTEM POLITIK INDONESIA 3 SKS

Membahas kehidupan politik Indonesia melalui pendekatan sistem. Setiap elemen atau unsur dalam kehidupan politik Indonesia yang berkaitan secara struktural dan fungsional dipelajari, dipahami, dan analisis, sehingga mahasiswa dapat mengidentifikasi dan memahami permasalahan politik yang ada di Indonesia dan diarahkan untuk menganalisis dan mencari jalan keluar menuju masyarakat yang demokratis. Materi yang dipelajari meliputi : pengertian sistem, ciri-ciri sistem, unsur-unsur yang membentuk sistem politik, berbagai pendekatan dalam mempelajari sistem politik Indonesia, kapabilitas sistem politik, model sistem politik, faktor-faktor yang mempengaruhi sistem politik Indonesia seperti : budaya politik, partisipasi politik dan mekanisme kerja sistem politik Indonesia. Mengkaji struktur politik dan dinamikanya, serta mengidentifikasi masalah kegiatan dan proses politik Indonesia pada masa lampau, sekarang dan yang akan datang melalui pendekatan sistem struktural, fungsional dan decision making

 

 9. SPO 311 STUDI MASYARAKAT MELAYU 2 SKS

Mempelajari sisten sosial masyarakat melayu yang meliputi struktur sosial, budaya dan dinamika kehidupannya.

 10. SPO 321 SISTEM HUKUM INDONESIA 3 SKS

Diuraikan tentang hukum dalam masyarakat Indonesia dan apa saja yang merupakan sumber-sumber tata hukum Indonesia, dan selanjutnya bagaimana hubungan antara Pancasila dan Tata Hukum Indonesia. Sistem Hukum Indonesia diberikan dengan tujuan untuk mengenal secara umum sistem hukum yang berlaku di Indonesia, baik dilihat dari sudut pandang yuridis (tata hukum), dari sudut pandang sosiologi (hukum positif), maupun sudut pandang filosofi (ius constituendum), untuk menjawab pertanyaan : Apa sistem Hukum Indonesia? Mengapa sistem Hukum Indonesia keadaannya sepertik sekarang? Bagaimana sistem Hukum Indonesia dimasa yang akan datang, terutama yang ada kaitannya dengan proses operasional komunikasi dalam masyarakat.

11. PPO 114 BAHASA INDONESIA 2 SKS

Mempelajari, membaca, menerapkan ejaan yang baku : membahas morfologi, sintaksis, wacana : model penulisan : langkah-langkah menyusun berbagai kerangka karangan ilmiah, alinea, konveks naskah, pidato/ ceramah/ dakwah : diskusi dan berbagai macamnya.

12. SPO 123 BAHASA INGGRIS I 3 SKS

Reading and comprehension Translation yang ditekankan pada usaha untuk melatih kemampuan menerjemahkan bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia Grammar Vocabulary

13. SPK 213 BAHASA INGGRIS II 3 SKS

Reading and comprehension

Derivatives/ vocabulary

Synonim and antonym

Grammar : Direct and indirect speech

Relative and interrogative pronouns

Gerund

14. SPK 212 PENGANTAR STATISTIK 3 SKS

Statistik distributif, data statistik, penyajian data, distribusi frekuensi, regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasional/ hubungan, analisis data kategorik sistem sosial dan unsur-unsur sistem sosial. Pendekatan teoritis tentang konflik dan integrasi dan struktural fungsional. Struktur majemuk masyarakat Indonesia, struktur masyarakat horizontal dan vertikal dan ciri-ciri khas manusia Indonesia. Integrasi nasional dan kebudayaan nasional.

15. SPO 221 METODE PENELITIAN SOSIAL 3 SKS

Komunikasi ilmiah, pengukuran model-model penelitian komunikasi, modus pengamatan, analisis statistik.

16. SPO 222 KEPEMIMPINAN 3 SKS

Konsep kepemimpinan, tipe pemimpin, fungsi kepemimpinan, macam kepemimpinan, perkembangan kepemimpinan dan sifat seorang pemimpin.

17. SPK 122 PENGANTAR KOMPUTER 2 SKS

Memberikan gambaran umum tentang perkembangan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) seperti Pagemaker, Corel Draws, Photoshop, dan Macromedia. Mahasiswa secara langsung juga melakukan praktek computer di laboratorium.

18. SPK 213 BAHASA JEPANG 3 SKS

Mata kuliah ini menjelaskan mengenai pelatihan menggunakan kata-kata dalam bahasa Jepang secara lisan, mengutarakan pendapat secara lisan dan menangkap pembicaraan pihak-pihak lain melalui media atau tatap muka serta melatih untuk menggunakan kata-kata secara tertulis, menuliskan pendapat dalam tulisan, mengarang karya dalam topik tertentu.

19. SPK 111 PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI 3 SKS

Mengantarkan dan memperkenalkan konsep dan filosofi ilmu komunikasi kepada mahasiswa, proses komunikasi, ruang lingkup ilmu komunikasi, komponen dalam komunikasi, serta teknik dasar dan strategi komunikasi yang berhubungan dengan keterampilan berkomunikasi selaku professional. Identifikasinya maupun posisinya di antara ilmu-ilmu lain, pengertian etimologis istilah komunikasi dan pengertiannya sebagai ilmu : posisi ilmu komunikasi di antara ilmu-ilmu sosial lainnya, dan di antara ilmu pada umumnya : posisi ilmu komunikasi sebagai ilmu pengetahuan : prospek ilmu komunikasi sebagai ilmu dan sebagai profesi.

20. SPK 121 TEORI KOMUNIKASI 3 SKS

Mata kuliah ini menjelaskan pengertian teori komunikasi; teori dalam proses penelitian, teori sistem; teori-teori tentang isyarat dan bahasa, wacana, pembuatan pesan, penerima dan pemrosesan pesan, interaksi simbolis, realitas sosial dan budaya; teoritika, teori umum komunikasi, teori komunikasi interpersonal teori-teori pengalaman dan interpretasi; teori-teori kritis; komunikasi dalam hubungan-hubungan; teori-teori dalam komunikasi kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi massa, teori persuasif, teori-teori psikololinguistik.

21. SPK 122 PSIKOLOGI KOMUNIKASI 3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsepsi psikologi perilaku komunikasi. Materi yang diberikan meliputi : pengertian dan ruang lingkup psikologi komunikasi, teori-teori psikologi tentang perilaku komunikasi, karakteristik manusia dilihat dari aspek psikologi dalam konteks komunikasi, sistem komunikasi intrapersonal, sistem komunikasi interpersonal, sistem komunikasi massa, sistem komunikasi organisasional, psikologi komunikator; karakteristik komunikan, psikologi pesan.

22. SPK 123 KOMUNIKASI PERSUASIF 3 SKS

Memberikan pemahaman mengenai teknik persuasi untuk mengubah opini, sikap dan perilaku komunikan dan perubahan itu adalah atas kehendak komunikan itu sendiri. Adapun materi yang diberikan meliputi : definisi komunikasi persuasi, model komunikasi persuasi, model tahap-tahap perubahan sikap, teknik komunikasi persuasi, komponen komunikasi persuasi, teori perubahan sikap, teori disonansi kognitif, teori fungsional, dan aplikasi teori komunikasi persuasi dalam kegiatan komunikasi.

23. SPK 211 KOMUNIKASI PENYULUHAN 2 SKS

Memahami konsep dasar Komunikasi penyuluhan, perkembangan sejarah dan perkembangan komunikasi penyuluhan, dan menjelaskan beberapa tinjauan komunikasi penyuluhan dari perspektif filsafat. Dengan indikator yaitu menjelaskan beberapa tinjauan komunikasi, peran penyuluh dalam pemberdayaan masyarakat, peran dan tugas penyuluhan pembangunan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan daerah.

 24. SPK 215 RETORIKA 2 SKS

Mata kuliah ini membahas tentang Public Speaking, perencanaan pesan untuk publik, penggunaan perangkat / alat bantu visual. Praktikum: praktek Public Speaking.

25. SPK 221 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI 2 SKS

Memberikan pemahaman tentang media teknologi komunikasi dan mampu menggunakan media komunikasi tersebut. Materi yang diberikan meliputi : arti, fungsi, tujuan komunikasi, dan pengertian teknologi komunikasi, berbagai periode perkembangan, periode prasejarah, sebelum revolusi industri, revolusi industri, dan abad informasi, berdasarkan pada kajian sejarah perkembangan, manfaat kajian sejarah teknologi komunikasi, penjelasan mengenai komunikasi, kajian tentang media komunikasi dari berbagai pakar, studi komparatif tentang AVA (kelebihan dan kelemahan alat teknologi komunikasi) dan praktek audio visual.

26. SPK 222 KOMUNIKASI POLITIK 2 SKS

Mahasiswa memahami tentang pengertian dan model komunikasi politik, perkembangan pemikiran, pendekatan-pendekatan komunikasi politik, suprastruktur dan infrastruktur komunikasi politik, komunikator politik, bahasa politik, persuasi politik, media dan saluran politik, efek komunikasi politik, opini politik, sosialisasi politik, partisipasi politik, perubahan politik, metode penelitian komunikasi politik

 27. SPK 225 SISTEM KOMUNIKASI INDONESIA 2 SKS

Memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai sistem komunikasi yang berlaku di Indonesia, mencakup pengetahuan dan wawasan tentang : sistem komunikasi sebagai subsistem sosial, kebijaksanaan komunikasi Indonesia, berbagai sistem komunikasi yang terdapat dalam organisasi dan masyarakat.

28. SPK 311 KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA 3 SKS

Mempelajari pengertian komunikasi antar budaya, perbandingan antara komunikasi antar lintas budaya dengan komunikasi internasional, komunikasi antar etnik, antarras. Pengertian komunikasi dan model-model komunikasi. Pengertian budaya (dan subbudaya) dan unsur-unsurnya. Budaya konteks tinggi dan budaya konteks rendah. Hubungan antara komunikasi dan budaya. Model komunikasi antar budaya serta pendekatan terhadap komunikasi antarbudaya (subjektif versus objektif) disamping itu, mengkaji pula persepsi antar budaya, aspek verbal dan non verbal, serta komunikasi bisnis antar budaya.

29. SPK 312 KOMUNIKASI BISNIS 3 SKS

Membahas pengertian, luas lingkup, proses dan strategi, macam-macam, evaluasi keberhasilan, dan mempraktekkan komunikasi bisnis yang meliputi berbagai macam pengertian (secara umum dan khusus) dan luas lingkup (bentuk, jenis, dan media) komunikasi bisnis, membahas proses komunikasi bisnis melalui komponen-komponennya (komunikator dan media utama), membahas berbagai strategi dari komponen-komponen komunikasi bisnis (strategi komunikator, komunikan, pesan, media, serta situasi dan kondisi), membahas berbagai macam komunikasi dan kebiasaan diberbagai Negara yang dihadapi, melalui : komunikasi verbal (tulisan dan lisan), dan non verbal (komunikasi niaga dan bisnis), membahas bentuk-bentuk komunikasi bisnis, macam komunikasi antarpersonal (lobbying dan negotiation), macam komunikasi kelompok (rapat dan diskusi), praktek berbagai macam bentuk komunikasi bisnis, lobbying (pembuatan skenario angket lobbying), praktek negosiasi (pembentukan model kelompok dengan skenario negosiasi), praktek menelpon, diskusi, rapat, dan melatih membaca buku teks komunikasi bisnis.

30. SPK 313 SOSIOLOGI KOMUNIKASI MASSA 3 SKS

Memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai sistem komunikasi yang berlaku di Indonesia, mencakup pengetahuan dan wawasan tentang : sistem komunikasi sebagai subsistem sosial, kebijaksanaan komunikasi Indonesia, berbagai sistem komunikasi yang terdapat dalam organisasi dan masyarakat. Menjelaskan Pengertian sosiologi komunikasi; pengaruh media massa terhadap individu dan sistem pengelompokkan manusia; perilaku kolektif; perubahan sosial  dan kebudayaan.

31. SPK 324 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 2 SKS

Mata kuliah ini menjelaskan tentang pengertian Sistem Informasi Manajemen, konsep-konsep dalam sistem informasi manajemen, struktur organisasi dan pengaruhnya dalam alur sistem informasi, dasar-dasar manajemen, teknik pengambilan keputusan, tingkatan manajemen, rancangan sistem informasi yang memadai dan prinsip pengelolaan sistem informasi di dalam organisasi. Materi yang diberikan meliputi konsep dasar SIM : devinisi SIM, mutu/ usia informasi, penerapan konsep sistem informasi, manusia sebagai pengelola informasi, pendekatan sistem dan analisis sistem, konsep organisasi dan manajemen sehubungan dengan sistem informasi, pengaruh gaya kognitif atas pengambilan keputusan, metode memutuskan untuk memilih alternatif, nilai informasi bagi pengambilan keputusan.

32. SPK 321 METODE PENELITIAN KOMUNIKASI 3 SKS

Memberikan  pemahaman tentang prinsip, konsep dasar penelitian sosial serta aplikasinya dalam penelitian komunikasi, komunikasi ilmiah, pengukuran model-model penelitian komunikasi, modus pengamatan, analisis statistik.pendekatan-pendekatan penelitian; tradisi penelitian kuantitatif dan kualitatif; trend penelitian komunikasi; konteks penelitian komunikasi.

33. SPK 322 KOMUNIKASI SOSIAL DAN PEMBANGUNAN 2 SKS

Teori-teori pembangunan dan hubungannya dengan peranan komunikasi, perencanaan komunikasi pembangunan, komunikasi dalam pembangunan, kebijaksanaan komunikasi pembangunan di Indonesia. Memahami landasan konseptual komunikasi pembangunan, dimensi teoritis komunikasi dan perubahan dalam pembangunan, fungsi komunikasi bagi perubahan, pengetahuan tentang tahapan perubahan dalam komunikasi, Pembangunan dalam konteks komunikasi sosial dan pembangunan, eksistensi media massa dalam komunikasi pembangunan, beberapa pendekatan dalam komunikasi pembangunan (top-down, dan, bottom-up), dan Partisipasi dan Komunikasi Pembangunan.

34. SPK 213 ETIKA DAN FILSAFAT KOMUNIKASI 2 SKS

Mata kuliah ini mempelajari etika komunikasi dan persolaln etis, moral, norma dalam komunikasi, etika dalam deminsi kognitif, afektif, dan konatif. Pembahasan diawal dengan pengertian atau defenisi etika, filsafat, manusia sebagai komunikator dan  nilai – nilai yang berhubungan dengan  penerapan etika dalam penyampaian pesan komunikasi serta membahas hakekat filsafat komunikasi dan privasi dalam etika filsafat komunikasi. Filsafat dan komunikasi adalah sama-sama mencari kebenaran : manusia ingin tahu dan ingin tahu yang benar selalu menggunakan komunikasi dan tidak mungkin tanpa komunikasi, komunikasi adalah inheren dengan kehidupan manusia, dank arena itu dengan filsafat manusia dengan segala implikasinya.

 35. SPK 224 KOMUNIKASI ORGANISASI 2 SKS

Memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai proses komunikasi dalam organisasi serta prosedur perubahan komunikasi organisasi. Materi yang diberikan meliputi : pentingnya komunikasi dalam organisasi, pengertian komunikasi organisasi, konsep-konsep komunikasi organisasi, perspektif teoritis komunikasi organisasi : functional approach, meanings centered approach, fungsi komunikasi dalam organisasi : organizing function, relationship function, changes function, struktur komunikasi dalam organisasi : jaringan komunikasi (formal dan informal), saluran komunikasi, arah komunikasi (vertical dan horizontal), komunikasi kelompok dalam organisasi : dinamika kelompok, komunikasi dan konflik, komunikasi dan kepemimpinan, komunikasi dan problem solving, komunikasi dan decision making, komunikasi dan motivasi : motivasi dan organisasi, tipe-tipe motivasi, iklim komunikasi organisasi : pengertian, pentingnya iklim komunikasi, dimensi-dimensi iklim komunikasi, menganalisis iklim komunikasi, budaya organisasi : pengertian, komunikasi dan budaya organisasi, perencanaan perubahan komunikasi organisasi : organizational development, diagnosis komunikasi organisasi, implementasi diagnosis komunikasi organisasi : manfaat audit komunikasi, melakukan audit komunikasi, implementasi perubahan komunikasi organisasi : model training komunikasi, tujuan training komunikasi, teknik-teknik training komunikasi.

 36. SPKH 321 MANAJEMEN PUBLIC RELATION 3 SKS

Pemberian pengetahuan dan keterampilan dalam penyusunan organisasi dan pelaksanaan manajemen hubungan masyarakat sebagai upaya pengamanan pada mekanisme pelaksanaan operasi keseluruhan hubungan masyarakat, pengantar tentang manajemen organisasi, badan atau lembaga yang melaksanakan hubungan masyarakat, struktur organisasi hubungan masyarakat, posisi dan fungsi organisasi hubungan masyarakat baik sebagai badan yang menjadi bagian dari suatu organisasi, seperti instansi pemerintah, perusahaan atau organisasi sosial, maupun sebagai organisasi yang berdiri sendiri.

 37. SPK 323 KOMUNIKASI PEMASARAN 2 SKS

Menjelaskan mengenai strategi, taktik, dan teknik komunikasi dalam kegiatan pemasaran: personal selling, teknik promosi, pemanfaatan dan produksi media komunikasi untuk kepentingan promosi, penerapan konsep-konsep komunikasi dalam kegiatan pemasaran, meliputi : pengertian komunikasi pemasaran : pengertian pemasaran serta bauran pemasaran : promosi dan bauran promosi : iklan, publisitas, personal selling, sales promotion, public relations, market research.

 38. SPKJ 211 KOMUNIKASI GRAFIS 2 SKS

Pengertian dan ruang lingkup : ragam bentuk barang cetak, anatomi/ struktur pesan, proses menyunting dan tata letak, berbagai model cetak, proses penyelesaian/ finishing, proses distribusi dan evaluasi.

 39. SPKJ 221 BAHASA JURNALISTIK 3 SKS

Mata kuliah ini mempelajari bagaimana menggunakan dan memanfaatkan perbendaharaan dan pengkayaan bahasa ke dalam bahasa jurnalistik. Pengembangan bahasa jurnalistik memberikan makna dan pemahaman bagi jurnalis dalam mengembangkan kemampuan jurnalismenya. Bahasa sebagai alat komunikasi : ruang lingkup bahasa jurnalistik : karakteristik bahasa jurnalistik : kata-kata mubazir dalam karya jurnalistik : pedoman pemakaian bahasa Indonesia dalam jurnalistik.

 40. SPK 423 MANAJEMEN PERIKLANAN 3 SKS

Mata kuliah ini menjelaskan bagaimna penerapan prinsip-prinsip manajemen diterapkan dalam pengelolaan sebuah program periklanan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian dan implementasinya.  Pada matak kuliah ini juga dilengkapi dengan praktek membuat sebuah program periklanan baik melalui media cetak maupun meddia elektronik. Menyampaikan kepada mahasiswa pemahaman tentang periklanan secara umum, konsep dasar manajemen periklanan, tujuan dan anggaran periklanan, proses kreatif dalam iklan, perencanaan media, positioning dan riset iklan, dan memahami kode etik periklanan, konsep-konsep penting dalam iklan, sejarah periklanan dan menyampaikan teknik pembuatan iklan yang baik. Selain itu, juga disampaikan tentang pentingnya mengatur anggaran periklanan, kreativitas dalam iklan, merencanakan media untuk beriklan, memahami konsep positioning dan riset iklan, serta kode etik periklanan.

41. SPKJ 212 DASAR-DASAR JURNALISTIK 2 SKS

Mengantarkan dan memperkenalkan prinsip-prinsip dasar ilmu jurnalistik sebagai salah satu cabang ilmu komunikasi, yang mengkhususkan diri dalam bidang pemberitaan mengenai kejadian dan atau peristiwa dari hari ke hari. Materi yang diberikan meliputi : pengertian dasar jurnalistik, baik sebagai ilmu maupun sebagai profesi, ruang lingkup aktivitas jurnalistik yaitu kewartawanan atau kepenulisan untuk dapat dipahami dari tiga sudut pandangan; sebagai proses, teknik dan ilmu, karakteristik jurnalistik dan perbedaannya dengan cabang ilmu komunikasi lain, jenis-jenis media jurnalistik.

 42. SPKJ 213 MANAGEMEN MEDIA MASSA 2 SKS

Pengantar, bentuk perusahaan surat kabar, tiga dimensi utama surat kabar, komputer sebagai penunjang perusahaan, proses produksi surat kabar, pemasaran surat kabar, kehidupan surat kabar di Indonesia saat ini.

43. SPKJ 313 PERBANDINGAN SISTEM DAN PERS 3 SKS

Pengertian, sistem pers dunia, empat teori pers, ketimpangan arus informasi dunia barat dengan Negara berkembang, serta menghubung sistem pers dan sistem politik dalam konsep negara. tinjauan dan analisis pers berbagai Negara (studi kasus). Permasalahan-permasalahan yang ada dalam pers di berbagai Negara asing serta pemecahannya.

44. SPKJ 314 JURNALISTIK SIARAN DAN FOTO 3 SKS

Mata kuliah ini  menerapkan dan mengaplikasikan kegiatan jurnalistik televisi, radio dan foto kedalam aktivitas jurnalisme. Materi yang diberikan kepada mahasiswa yaitu menjelaskan proses produksi siaran dan aplikasi jurnalisme foto di media massa, fungsi dan tanggung jawab jurnalistik siaran, teknik pengelolaan berita siaran, perbandingan jurnalistik di Indonesia dengan jurnalistik siaran di Negara-negara lain. Pengertian fotografi, sejarah singkat fotografi, anatomi dan fisiologi kamera, pencahayaan dan penyinaran, film, pemotretan dan prosesnya, obat-obat pencucian film dan prosesnya, kertas foto dan karakteristiknya, pengadukan prosesnya, symbols of photografhy, karir dalam fotografi dan praktikum.

45. SPKJ 315 Penulisan Berita 2 SKS

Mempelajari jenis-jenis berita  yang digunakan media cetak, elektronik dan media online, klasifikasi berita, proses pengumpulan dan penyampaian berita ditegaskan pada kaidah-kaidah jurnalistik, khalayak penerima berita, evaluasi dan seleksi berita, efektivitas dan gaya berita, berbagai model teras berita, praktek penulisan berita. Dalam penulisan berita juga dipelajari karakteristik berita dan unsur-unsur berita di media massa.

46. SPKJ 316 JURNALISME PEMBANGUNAN 2 SKS

Mempelajari dinamika jurnalisme baik dari aspek isi media massa maupun dari aspek kepentingan masyarakat dan negara. pemberitaan yang berhubungkait dengan menggerakkan masyarakat berperan serta secara aktif, kreatif dan konstruktif dalam upaya pembangunan nasiona, teknik pemberitaan untuk pers pembangunan, permasalahan-permasalahan dalam jurnalistik pembangunan serta pemecahannya.

 

 

47. SPKJ 321 SEJARAH PERS NASIONAL 2 SKS

Membahas pengantar sejarah pers, kehidupan pers pada jaman penjajahan, kehidupan pers pada zaman revolusi, pers dalam masa kemerdekaan, perkembangan pers pada zaman orde baru, pers pada era reformasi, dan fenomena surat kabar sebagai barometer politik.

48. SPKJ 322 KAPITA SELEKTA JURNALISTIK 2 SKS

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang  kekhasan dan peminatan materi yang lebih spesifik untuk dibahas yang terkait dengan ilmu komunikasi umumnya dan ilmu jurnalistik khususnya. Pemilihan materi yanng spesifik akan mengantarkan mahasiswa lebih fokus dan lebih dalam dalam memahami ilmu komunikasi. Bahasan dan diskusi tentang tradidi ilmiah ilmu komunikasi, perkembangan teknologi, determinasi dalam komunikasi, perkembangan mutakhir ilmu komunikasi, aplikasi komunikasi dalam pekerjaan, komunikasi alternatif (perspektif kritis), pengembangan ilmu jurnalistik, catatan kebebasan pers dan catatan kasus jurnalistik/ pers Indonesia.

49. SPKJ 323 HUKUM DAN ETIKA PERS 3 SKS

Memberikan pemahaman dan pengertian kepada mahasiswa jurnalistik bahwa jurnalis itu perlu menguasai hukum dan etika yang berlaku termasuk hukum dan etika pers. Penjelasan hukum dan etika pers dimaksud adalah undang-undang yang berkaitan dengan pers dan kode etik yang diberlakukan oleh organisasi kewartawan. Hakekat etika : moralitas dan aplikasinya, multidimensional kebenaran, faham-faham etik dan implikasi serta konsekuensinya, konsep pers pancasila, pers dan ketahanan nasional, kode etik jurnalistik.

50. SPKJ 311 PENULISAN ARTIKEL, FEAT & TAJUK RENCANA 3 SKS

Mempelajari pengertian tajuk rencana, kedudukan dan klasifikasi tajuk rencana, isi tajuk rencana berupa fakta, opini dan interpretasi, konstruksi tajuk rencana, bahasa tajuk rencana, langkah-langkah menulis tajuk rencana, praktik penulisan dan evaluasi tajuk rencana. Feature dan artikel, pengertian feature, artikel dan berita, jenis dan macam/ tipe feature, teknik penulisan feature, unsur-unsur penting dalam feature seperti profil pribadi, gaya bahasa/ gaya tutur cerita, langkah kerja menulis artikel, pengertian narasi, jenis narasi, unsur pokok dan perbedaan antara narasi dan deskripsi, praktek menulis narasi berikut evaluasi tugas dan diskusi kelas, pengertian deskripsi dan model-modelnya, praktek menulis deskripsi, praktek menulis feature dan praktek menulis artikel.

51. SPKJ 325 TEKNIK WAWANCARA 2 SKS

Materi yang diberikan kepada mahasiswa yaitu persiapan, strategi, taktik untuk melakukan wawancara dengan narasumber. Dalam hal ini, penguasaandan pemantapan konsep materi dan isu yang akan dikembangkan melalui wawancara kepada narasumber.

52. SPKJ 412 SEMINAR MASALAH-MASALAH JURNALISTIK 3 SKS

Mahasiswa dapat menyelenggarakan kegiatan seminar, mulai dari membuat makalah, mempresentasikannya dan mempertahankannya dimuka kelas. Mahasiswa mempelajari sistem penulisan karya ilmiah, sifat karya ilmiah, sistematika dan tata cara penulisan karya ilmiah, praktek menyusun makalah ilmiah, cara efektif menentukan latar belakang masalah, merumuskan masalah, mengidentifikasi masalah, merumuskan kerangka pemikiran dan operasional variable serta metode, praktek presentasi ilmiah, cara efektif menjadi pembicara dan pembahas, mengenali tugas-tugas moderator dan perumus, sistem evaluasi, evaluasi makalah dan sistem evaluasi presentasi, penelitian ilmiah, masalah penelitian, pelaksanaan penelitian dan teknik penulisan.

53. SPKJ 421 PRAKTEK KERJA LAPANGAN/ KKN 4 SKS

Mahasiswa diberi kesempatan mengikuti praktek langsung di dunia kerja jurnalistik. Institusi atau lembaga tempat praktikum adalah berbagai media cetak dan elektronik yang mempunyai jalinan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.

54. SPKH 211 HUBUNGAN INTERNAL & EKSTERNAL 2 SKS

Bentuk dan organisasi/ lembaga (pengertian organisasi, pembagian organisasi, struktur organisasi), kedudukan internal relations dalam organisasi : struktur PR dalam organisasi, maksud dan tujuan internal relations, hambatan-hambatan dalam internal relations, jenis publik internal, employee, stock holder, labour relations, komunikasi dalam hubungan internal : jalur-jalur dan karakteristiknya (horizontal, vertikal dan diagonal), fungsi dan peranan media internal : jenis, tujuan, karakteristik media intern, bentuk kegiatan hubungan internal : formal dan informal. Pengertian (umum dan khusus) dan luas lingkup hubungan eksternal, jenis-jenis publik eksternal : community relations, press relations, government relations, costumer relations, supplier relations, stock holder relations, fungsi dan tujuan kegiatan hubungan eksternal, strategi dan perencanaan kegiatan hubungan eksternal, teknik membentuk opini publik, teknik membina kerjasama, teknik komunikasi yang digunakan, membentuk citra, macam-macam kegiatan hubungan eksternal : jenis-jenis, teknis pengelolaan, dan pengukuran efektivitas event (kuliah lapangan, simulasi dan narasumber).

55. SPKH 212 DASAR-DASAR HUMAS 3 SKS

Memberikan pengetahuan dasar tentang ilmu hubungan masyarakat sebagai salah satu cabang ilmu komunikasi, mengkhususkan diri dalam interrelasi antara publik yang berkepentingan, sehingga di antara publik itu terjadi saling pengertian, kerjasama dan saling menguntungkan. Untuk keperluan itu, mahasiswa dibekali materi yang meliputi : pengertian humas, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup humas, kedudukan humas, pola komunikasi humas, proses operasionalisasi humas, dan kode etik humas.

56. SPKH 221 PERIKLANAN 2 SKS

Praktek perencanaan iklan, praktek pemilihan media, periklanan dalam penasaran promosi penjualan, manajemen perusahaan periklanan.

57. SPKH 222 MEDIA HUMAS 3 SKS

Sejarah dan filsafahnya : metode-metode dan hubungan tokoh pendidikan, klasifikasi : pengertian dan manfaat AVA, AVA media dalam pembangunan, AVA dan hambatannya, teori penggunaan tiap macam AVA, teori pemeliharaan, teori pembuatannya, praktek pembuatan, praktek penggunaan, simulasi.

58. SPKH 311 PENULISAN HUMAS & PUBLISITAS 3 SKS

Bentuk dan organisasi/ lembaga (pengertian organisasi, pembagian organisasi, struktur organisasi), kedudukan internal relations dalam organisasi, struktur PR dalam organisasi, pembagian publik dalam PR, maksud dan tujuan internalrelations, hambatan-hambatan dalam internal relations, jenis publik internal, employee, stock holder, labaour relations, komunikasi dalam hubungan internal : jalur-jalur dan karakteristik (horizontal, vertikal dan diagonal), fungsi dan peranan media internal : jenis, tujuan, karakteristik media intern, bentuk kegiatan hubungan internal : formal dan informal. Hubungan publisitas dengan ilmu komunikasi, pengertian publisitas, bentuk-bentuk publisitas, metode publisitas, proses publisitas.

59. SPKH 313 STRATEGI DAN PERENCANAAN HUMAS 2 SKS

Pada mata kuliah ini dibahas tentang bagaimana Humas (PR) merencanakan dan menentukan strategi yang akan dilaksanakan dalam kegiatan kehumasannya. Dalam menentukan strategi dan perencanaan humas ini ada empat fase yang terdiri darisembilan langkah yang harus dilakukan yaitu : fase pertama dimulai dari analisa situasi, organisasi dan publik. Fase kedua terdiri dari langkah menentukan tujuan dan objectif, aksi dan strategi tanggapan, serta menggunakan komunikasi yang efektif. Fase ketiga memilih taktik komunikasi dan menerapkan perencanaan strategis yang ditetapkan Fase terakhir adalah melakukan evaluasi atas perencanaan strategis yang telah diterapkan. Pengertian strategi dan perencanaan, tujuan strategi dan perencanaan, dasar-dasar hubungan masyarakat : kebijaksanaan dalam perencanaan humas, permasalahan-permasalahan dalam perencanaan humas serta pemecahannya.

60. SPKH 314 MANAJEMEN PENERBITAN HUMAS 3 SKS

Hubungan organisasi dalam manajemen, tujuan manajemen humas, manajemen humas dalam konteks organisasi kehumasan, proses manajemen dalam humas, permasalahan dalam manajemen humas serta pemecahannya.

61. SPKH 315 KOMUNIKASI INTERNASIONAL 3 SKS

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai teori, metode, dan prinsip-prinsip komunikasi sebagai sebuah ilmu dan seni hubungan antar manusia, yang melewati batas teritorial suatu negara. Kuliah ini juga membahas pembentukan opini publik internasional, juga memberi pengertian dan pemahaman tentang konsep informasi dan berita dalam komunikasi lintas negara, ketidakadilan informasi dan dominasi antara Barat dan Timur. Dalam kuliah ini akan dijelaskan juga bagaimana praktisi PR dapat memahami budaya sebagai komponen inti Internasional PR yang mempengaruhi hubungan organisasi dan target MAP (market, audience, public) yang berbeda budaya dan negara. Disamping international corporat PR, juga akan dibahas international government PR, perkembangan international PR diluar negeri dan peluang kerja di dunia international.

62. SPK 226 SPESIALISASI HUMAS 3 SKS

Mata kuliah Spesialisasi Humas adalah mata kuliah yang berupaya mengkaji seluruh aspek yang memberikan konsep-konsep dasar praktek hubungan masyarakat yang merujuk pada bagian khusus dari hubungan masyarakat. Ruang lingkup pekerjaan humas mencakup enam bidang pekerjaan.

63. SPKH 325 PERILAKU KONSUMEN 2 SKS

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar mengenai konsep-konsep perilaku konsumen, diantaranya membahas mengenai motivasi dan kebutuhan, kepribadian, pengolahan informasi dan persepsi konsumen, proses belajar konsumen, pengetahuan konsumen, sikap konsumen, budaya, karakteristif demografi, ekonomi, dan sosial konsumen, keluarga dan rumah tangga, kelompok acuan, proses pengambilan keputusan konsumen, proses pembelian, konsumsi, dan kepuasan konsumen, serta tanggung jawab sosial terhadap konsumen, perilaku konsumen ditujukan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kepada mahasiswa untuk menganalisis perilaku konsumen di dalam pasar bisnis maupun pasar konsumen agar mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilannya menganalisis faktor-faktor intern dan individual, serta faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi konsumen.

64. SPKH 322 OPINI PUBLIK 2 SKS

Pemberian teori, yang meliputi : pengertian, identifikasi, jenis, tujuan, hubungan, potensi dan kompotensi opini publik, serta hukum-hukum, proses, ciri-ciri, variabel, dan pengukuran opini publik. Dari pengajaran, diharapkan mahasiswa dapat menganalisis, memahami, dan mengukur opini dalam berbagai kegiatan komunikasi, yakni : menjelaskan berbagai pengertian dan defenisi opini publik, membedakan macam-macam opini, jenis-jenis opini publik, menjelaskan dan membedakan opini publik murni dan tidak murni, menjelaskan hubungan opini publik dengan opini-opini lain, menjelaskan aspek-aspek kompetensi opini publik, pengaruh opini publik terhadap pemerintah dan pengaruh pemerintah terhadap opini publik, pengaruh komunikasi terhadap opini publik dan pengaruh opini publik terhadap komunikasi, menjelaskan variable sentral komunikasi opini publik (Bernard Berelson), menjelaskan tujuan pembentukan opini publik (Berelson), menyebutkan hukum-hukum opini publik (Cutlip & Center), menjelaskan hubungan opini publik dengan media massa, mengukur opini publik (valid dan tidak valid).

65. SPKH 323 KAPITA SELEKTA HUMAS 2 SKS

Mata kuliah ini bertujuan melatih, memberi pemahaman dan membiasakan mahasiswa untuk menjadi professional, penuh inisiatif, kreatif sebagai pengelola program PR, menjadi partner strategi/ bisnis bagi manajemen untuk pengambilan keputusan yang tepat guna dalam pengembangan bisnis dan menjadi figure PR beretika, memiliki integritas bermatabat dalam menjalankan program PR seperti Corporate Social Responsibili, consumer respons program, crisis management team, problem solving decision making, komunikasi asertif, dan topik lain yang update bagi seorang PR professional.

66. SPKH 324 ETIKA DAN PROFESI HUMAS 3 SKS

Matakuliah ini mempelajari teori dan falsafah dalam perspektif tinjauan aksiologi sebagai landasan etika dan profesi PR. Memberikan konsep mengenai arti penting etika dalam public relations yang berfungsi untuk memandu, mengarahkan tingkah laku seseorang dari sisi baik baik atau buruk, bagaimana seharusnya bertindak yang sesuai dengan norma sosial, dan menjaga integritas/ martabat dan pribadi profesionalisme. Mata kuliah ini juga mempelajari karakteristik etik, integritas profesi PR, kode etik humas dan organisasi profesinya tentang citra diri, konsep diri, kepribadian dalam menjalankan profesi kehumasan.

 67. SPKH 412 SEMINAR MASALAH-MASALAH HUMAS 3 SKS

Memberikan pengetahuan, keahlian, keterampilan, serta pengalaman dalam penyelenggaraan pertemuan ilmiah dalam hal ini suatu seminar dalam rangka melatih dan mepersiapkan diri untuk terjun kemasyarakat, melakukan praktek dalam mengorganisasikan dan melaksanakan seminar menurut ketentuan-ketentuan suatu seminar yang sesungguhnya, mengangkat dan mendiskusikan masalah-masalah tertentu, termasuk masalah-masalah yang dipersiapkan untuk skripsi, pelaksanaannya secara intern bidang kajian, yang dapat dihadiri juga oleh mahasiswa bidang kajian dibawah pengawasan dosen seminar yang bersangkutan.

68. SPKH 421 PRAKTEK KERJA LAPANGAN 4 SKS

Memberikan keteranpilan dan kemampuan kepada mahasiswa humas dalam teori, dan sekaligus mempraktekkannya di intansi/ lembaga/ perusahaan, baik pemerintah maupun swasta yang telah memiliki hubungan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.

69. SPKM 222 MANAJEMEN PEMASARAN 2 SKS

Mata kuliah manajemen pemasaran menjelaskan tentang pengertian, permasalahan pemasaran itu sendiri, bauran pemasaran (4P), segmentasi pasar, pemasaran jasa, perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran secara umum perkembangan manajemen pemasaran, analisis pasar, pengembangan strategi pemasaran, pengambilan keputusan pemasaran, aplikasi teknologi komunikasi dan informasi pada pemasaran (e-commerce), dan mengelola program pemasaran secara efektif dan efisien.

70. SPKm 221 Manajemen Siaran Radio 2 SKS

Pengertian radio production, arti program, sifat/ karakteristik daripada radio, sifat dan karakteristik pendengar radio, cara-cara pembuatan program radio, latihan berbicara di depan corong radio, penyampaian tiap pasal dari buku wajib oleh mahasiswa.

71. SPKM 323 MANAJEMEN PRODUKSI FILM 3 SKS

Mahasiswa dibekali untuk mampu/ memiliki pengetahuan, mengolah dan memproduksi sebuah karya film. Selanjutnya, mampu mengoperasikan peralatan kamera. Materi yang diberikan meliputi sejarah perkembangan kamera : kamera video, kecepatan rana pada kamera/ proyektor film, kamera film (movie/ cine), kipas penyelang, peralatan produksi film, kamera (dan perlengkapannya), lighting, pengolahan suara, laboratorium, pengoperasian peralatan produksi film, peralatan editing, proyeksi gambar, gedung film/ studio film, dan physical characteristic.

72. SPKM 321 PEMASARAN MEDIA 2 SKS

Menjelaskan mengenai penerapan konsep-konsep komunikasi dalam kegiatan pemasaran, meliputi : pengertian komunikasi pemasaran, pengertian pemasaran serta bauran pemasaran, promosi dan bauran promosi, iklan, publisitas, personal selling, sales promotion, public relations, market research, segmentasi, targetting dan positioning media, persaingan pasar media, serta strategi pemasaran media.

73. SPKM 322 KAPITA SELEKTA MANAJEMEN KOMUNIKASI 2 SKS

Pengajaran mata kuliah kapita selekta manajemen komunikasi ditujukan agar mahasiswa mengetahui dan memahami mengenai berbagai pokok bahasan terpilih dari spectrum pengetahuan mengenai manajemen komunikasi mulai dari dimensi filsafat, teori, model, serta dimensi aplikatif.

74. SPKM 211 EKONOMI MEDIA 2 SKS

Mata kuliah ini berisikan pengajaran tentang konsep ekonomi media, media sebagai instistusi ekonomi, pasar media, kompetensi media, kepemilikan media, teknologi media dan regulasi media, serta prospek dan tantangan bisnis media. Setelah mengikuti mata kuliah ekonomi media, mahasiswa diharapkan mampu memahami ekonomi media baik secara makro maupun mikro, serta masalah-masalah yang berkaitan dengan pengelolaan media.

 75. SPKM 212 PERENCANAAN KOMUNIKASI 2 SKS

Menjelaskan mengenai bagaimana merancang kegiatan yang berkaitan dengan kebijakan komunikasi. Materi yang disampaikan adalah tentang hakikat perencanaan, pengertian perencanaan komunikasi, tujuan melakukan perencanaan komunikasi, strategi dalam perencanaan komunikasi, permasalahan yang muncul dalam dalam perencanaan komunikasi, alternatif pemecahan masalah, melakukan analisis terhadap masalah yang muncul, mengenal pendekatan-pendekatan dalam perencanaan komunikasi, serta menyusun usulan kegiatan yang berkaitan dengan kebijakan komunikasi.

76. SPKM 123 DASAR-DASAR MANAJEMEN KOMUNIKASI 2 SKS

Mengajarkan tentang proses tertentu dalam kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya dalam kegiatan komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, meliputi : pengertian manajemen komunikasi, unsur-unsur manajemen, unsur-unsur manajemen komunikasi, langkah-langkah manajemen komunikasi, mengelola dan membina hubungan sebagai manajer komunikasi, proses menangani konflik, teknik negosiasi, teknik memimpin.

77. SPKM 311 KOMUNIKASI INTERPERSONAL 2 SKS

Pada mata kuliah ini akan dipelajari tentang pentingnya komunikasi interpersonal, konsep dasar dan prinsip-prinsipnya. Demikian pula pesan yang ada dalam sebuah diskusi atau percakapan interpersonal. Dan selanjutnya dipelajari tahap-tahap hubungan interpersonal, konsep, jenis-jenisnya serta konflik dan kekuasaan dalam hubungan interpersonal.

78. SPKM 312 MANAJEMEN PRODUKSI SIARAN TV 3 SKS

Mata kuliah ini memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mengetahui seluk beluk persiapan memproduksi siaran TV. Didalamnya diajarkan pengetahuan tentang audio visual dan merencanakan sebuah produksi siaran untuk TV. Tujuannya agar mahasiswa mampu merencanakan dan membuat acara untuk TV. Materi yang diberikan, pengantar teknologi audio visual, teknik-teknik pengambilan gambar, trik-trik penyusunan/ penyuntingan gambar, menyusun paket acara, dan memproduksi sebuah materi acara.

79. SPKM 316 TEORI PERSENTASI DAN NEGOSIASI 3 SKS

Menjelaskan mengenaibagaimana menyusun strategi dan menggunakan teknik, teknik negosiasi, termasuk didalamnya penerapan sejumlah prinsip dasar komunikasi, meliputi : pengertian negosiasi, proses pembukaan negosiasi, pelaksanaan negosiasi, taktik negosiasi, ancaman demi keuntungan negosiator, gaya negosiator, perbedaan kebudayaan, strategi negosiasi, negosiasi yang ekstensif, psikologi negosiasi, dan manajemen negosiasi.

80. SPKM 314 MANAJEMEN INDUSTRI MEDIA CETAK & ELEKTRONIK 2 SKS

Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami manajemen industri dari media cetak maupun media elektronik. Baik dari perencanaan media, manajemen promosi dari media ,menentukan tujuan media sampai dengan menetapkan strategi media baik itu media cetak maupun media elektronik. Pengertian dan pemahaman manajemen industri media cetak dan elektronik akan dibahas secara lengkap, pembahasan mencakup pula berbagai faktor yang mendorong manajemen industri media cetak dan media elektronik, komputer sebagai penunjang perusahaan, proses produksi surat kabar, pemasaran surat kabar, kehidupan surat kabar Indonesia dewasa ini.

 81. SPKM 412 SEMINAR MASALAH-MASALAH MANAJEMEN KOMUNIKASI 3 SKS

Memberikan pengetahuan, keahlian, keterampilan dalam pertemuan ilmiah berupa seminar dalam rangka melatih dan mempersiapkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir. Pada mata kuliah ini mahasiswa diberi bimbingan untuk membuat proposal penelitian dimulai dari membuat latar belakang masalah, identifikasi masalah serta tujuan penelitian, tinjauan puskata serta metode penelitian yang relevan. Akhir dari mata kuliah ini adalah mahasiswa dituntut untuk dapat mempresentasikan hasil rancangan proposal penelitiannya di depan kelas. Mahasiswa dituntut melaksanakan praktek dalam mengorganisasikan dan melaksanakan seminar sesuai ketentuan yang berlaku, mengangkat dan mendiskusikan masalah-masalah tertentu yang akan dipersiapkan untuk skripsi.

82. SPKM 421 PRAKTEK LAPANGAN KERJA/ KKN 4 SKS

Mengaplikasikan manajemen komunikasi dalam kegiatan praktek di berbagai organisasi bisnis dan sosial, baik pemerintah maupun swasta yang telah memiliki hubungan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.

83. SPKM 422 TUGAS AKHIR (SKRIPSI) 6 SKS

Skripsi adalah tugas akhir yang harus ditulis mahasiswa untuk mencapai gelar Strata-1 (S1). Skripsi ditulis berdasarkan hasil penelitian, baik dengan menggunakan metode penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Lingkup materi skripsi dapat berupa materi komunikasi secara umum atau sesuai dengan bidang kajiannya masing-masing.